Nov 10, 2014

Pahlawan Menurut Gue.....

Hari ini 10 November 2014, semua orang beramai-ramai membahas tentang hari ini. Siapa yang gak tau hari ini. Hari ini hari yang sangat bersejarah buat bangsa Indonesia.

Yap, hari ini adalah hari pahlawan.

Sebelumnya, pahlawan itu apasih ?

Menurut wikipedia indonesia Pahlawan (Sanskertaphala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.

Dari definisi diatas pahlawan rela berkorban nyawa, harta, bahkan hingga keluarga nya yang dikorbankan demi bangsa dan negara. Semua pahlawan pada masa sebelum kemerdekaan rela berkorban demi mempertahankan bangsa ini dari berbagai macam bentuk penjajahan.

Asal muasal hari pahlawan sebenarnya sudah dipelajari pada mata pelajaran sejarah yang sudah ada sejak SMP dan SMA bahkan ada yang mulai belajar sejarah itu dari sejak SD. Dimana biasanya kita diajarkan untuk mengenal mereka dari jasa-jasanya untuk bangsa. Berperang melawan penjajah pada masa itu.

Hingga sekarang sudah kekal bahwa tanggal 10 November pada setiap tahunnya adalah memperingati para pahlawan yang gugur dimedan perang. Pada masa itu para pejuang memang dituntut untuk selalu berhubungan dengan berbagai macam senjata. Dari senjata tradisional hingga senjata yang sudah memiliki selongsong peluru. Dan sekarang kita hanya tinggal menikmati jasa para pahlawan yang berjuang untuk bangsa ini. Kalau tidak ada mereka mungkin kita sebagai penerus bangsa tidak bisa menikmati kehidupan yang sangat bebas dari penjajah yang sangat ingin menguasai bangsa ini. Thanks para pahlawan, berkat kalian gue bebas mencari dan menuntut ilmu hingga dimanapun.

Pada saat ini, memang kita sebagai penerus bangsa punya cara sendiri untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan terdahulu. Buat gue sekarang pun masih ada sosok pahlawan yang ada dalam hidup gue.

Gue sekarang pun punya sosok pahlawan yang tidak kalah hebat dengan para pahlawan terdahulu. Hanya perbedaanya adalah pahlawan yang gue punya ini tidak memegang senjata dan berperang. Dan cara menghormatinya bukan dengan melaksanakan upacara bendera ditaman makam pahlawan. Cukup dengan hormat dalam artian patuh kepada beliau.

Gue punya seorang wanita yang sangat tangguh dan memang menjadi pahlawan buat hidup gue. Yaa, gue punya seorang ibu yang biasa gue panggil beliau mamah. Mamah adalah pahlawan buat anak-anaknya. Bahkan gue menanggap mamah lebih dari pahlawan buat gue. Gue pernah menulis tentang mamah disini sebagai bentuk rasa bangga gue terhadap sosok seperti beliau.

Beliau selalu berjuang demi anak-anaknya. Bahkan beliau rela mempertaruhkan segalanya untuk anak-anaknya. Dari terbit fajar hingga terbenam matahari beliau mencari rezeki untuk buah hatinya. Tanpa mengenal lelah, tanpa pernah mengeluh didepan anak-anaknya.

Buat gue mamah adalah pahlawan buat hidup gue. Tanpa kehadiran sosok hebat seperti mamah, mungkin gue bukan apa-apa. Gue mungkin tidak setangguh sekarang. Mungkin juga gue tidak bisa berdiri sendiri di dunia ini. Dengan segala kekuatannya mamah melindungi gue dan adik gue, anaknya. 

Hebat bukan pahlawan kebanggan gue ?

Sekarang gue baru sadar betapa berartinya sosok wanita tangguh itu. Segenap doa selalu gue haturkan dari tanah yang berbeda. Meskipun berjauhan, gue ingin selalu berada didekatnya melalui doa. Selagi beliau ada didunia ini keinginan gue adalah untuk terus menjaga dan membahagiakannya sebagaimana beliau menjaga dan membahagiakan gue sebagai buah hatinya.

Pahlawan buat gue tidak melulu terkait dengan seseorang yang berjuang berperang untuk negara, pahlawan buat gue adalah mamah yang selalu berjuang untuk tetap hidup bahagia bersama anak-anaknya.

Tulisan ini memang tidak menjadikan mamah gue mendapatkan gelar pahlawan nasional dari negara ini. Tapi, setidaknya gue pernah meninggalkan jejak kebanggaan atas apa yang gue miliki. Mamah. 

Selamat hari pahlawan. Tetap cintai ibumu dan jadikan beliau satu-satunya pahlawan terbaik yang dimiliki. 

0 comment: