Oct 18, 2018

Memaknai Titik Terendah Dalam Hidup

Long time no see ya para pembaca blog gue (Kalau ada yang baca sih huehehe)

Setelah membaca Twitt akun selebtwit (@daraprayoga_) hati gue tergerak untuk kembali menulis ditengah kegabutan jam kerja. Daripada Hp gue sepi-sepi aja kan kaya kuburan, mending Note nya gue pake buat nulis.

This is twitt of @Daraprayoga_ “reply twit ini dengan ceritamu saat berada di titik terendah

dan apa yang bikin kamu bisa bangkit lagi

semoga yang lain bisa terinspirasi, atau minimal merasa “gue gak sendiri””

Tentang titik paling rendah dalam hidup, gue juga punya. Gue anak Broken Home!!. Sedikit cerita tapi kalau diceritain panjang, gak cukup di twitter.

Dimulai dari Tahun 2006, dimana gue pindah rumah. Abis itu ada pergolakan luar biasa antara nyokap dan bokap. Gue 2006 itu baru mau Ujian Akhir SD. 

Gue juga gatau awal mulanya gimana, karena gue gak paham masih kecil. Tiba2, bokap gue sering marah-marah. Semua kena imbasnya (adik gue umurnya baru 5th). Waktu itu, sampe kedua orang tua dari nyokap dan bokap (Kakek nenek) dateng untuk mendamaikan mereka. Nyokap gue nangis parah, gue sama adik gue cuma di dalem kamar sambil dengerin. Gue peluk adik gue karena dia nangis.

Kejadian ini ternyata gak bisa di redam. Nyokap gue tiba-tiba dateng ke Sekolah. Minta izin ke guru gue buat bikin pindahan gue ke Sumedang (Rumah kakek - nenek dari nyokap). Gue yang masih kecil nurut, begitupun adik gue.

Setelah kita kabur dari rumah sambil bawa barang-barang seadanya, kita sempet nebeng di rumah ua gue di Cilegon. Abis itu, nyokap gue ngajakin ke Sumedang buat pindah sekolah.

Setelah gue mulai sekolah, nyokap gue balik ke Serang buat ngurus pindahan kerjanya. Abis itu balik lagi ke Sumedang, dan bahkan sampe pindah ke Surabaya ke tempat bibi gue. Nyokap gue hilang arah. Gue sama adik gue ditinggal gitu aja di rumah nenek gue. 

6 bulan berlalu, nyokap gue mulai dateng ke rumah nenek. Dia ngerayu adik gue lagi buat pindah. Karena adik gue masih kecil, dia ikut aja. Kita emang merindukan pelukan orang tua.

1 tahun kemudian giliran gue yang dirayu buat pindah lagi. Beberapa kali gue nolak, tapi luluh juga huehehe.

Kondisi rumah mulai baik. Dan daily activity kami mulai biasa lagi dan normal lagi.

Kejadian serupa berulang di 2013. Pas gue sama adik gue lagi sama-sama mau UN. Adik gue UN SD, gue UN SMA.

Kali ini keputusan nyokap udah bulet, harus selesai. Nyokap ngajak kami berdua pergi, pindah dari rumah pribadi ke Kontrakan yang lumayan kecil buat diisi kami bertiga (Nyokap gue cuma punya budget terbatas). Kontrakan itu jadi saksi nyokap gue nangis terus. Nyokap gue daftar sidang ternyata setelah bertengkar hebat. Gue cuma bisa melerai, tapi malah hampir diajak berantem sama bokap.

Di Kontrakan, gue sama adik gue mulai persiapan buat UN (Kalau gak salah H-2 minggu sebelum UN gue). 

Dan pas sidang pertama, itu juga hari pertama gue UN. Sedih rasanya, tapi gue harus mampu.

Setelah resmi bercerai. Gue, adik gue, dan nyokap masih tinggal di Kontrakan. Tadinya, gue gamau lanjut kuliah. Tapi nyokap larang dan bilang suruh kuliah.

Oke, gue daftar SNMPTN di Ugm. GAGAL. Gue gak sedih biasa aja. Terus gue cerita sama nyokap kalau gue diterima di UII. Kata nyokap gue ambil aja

She says “ Udah coba aja dulu, mamah bisa cari uang buat nyekolahin aa sama dd. Kalian harus sekolah yang tingga”

Berangkatlah gue ke Jogja.

Setelah gue sampe Jogja, gue cuma ikut di tempat temen gue dari kecil. Gue ke UII buat daftar ulang. Pas mau daftar ulang, gue kaget ternyata jurusan yang gue dapetin lewat nilai rapot itu (Jurusannya Teknik Lingkungan) ternyata cukup mahal biayanya buat gue dan nyokap yang sekarang single parent. 

Gue telfon nyokap, minta izin buat tes Cbt lagi ambil Jurusan Komunikasi. Dapet! Gue yang tanpa persiapan dikasih rejeki disitu.

Masalah berakhir? BELUM.

Duit modal gue ke Jogja buat daftar ulang masih kurang banyak. Gue pulang, ngobrolin hal ini sama nyokap.

Keputusannya, gue harus kuliah. Gitu kata nyokap.

Kita cuma punya aset 2 motor matic. Dijual lah motor gue itu buat modal
Kuliah. Balik lagi ke Jogja, gue jadi mahasiswa!!

Masalah berakhir? BELUM JUGA!!

1 semester berjalan, ternyata nyokap gue hilang arah soal dana. Gue sampe bikin surat kebijakan telat bayar spp karena nyokap gue belum bisa bayar. Dan abis Uas, gue harus berenti.

Hilang arah gue disitu. Gue gamau balik Serang, gamau ninggalin wanita yang gue sayang yang gue temuin di Jogja. Gue harus survive di Jogja.

Beruntunglah gue dikenalkan sama temen gue. Gue ikut kerja di Biro Wisata. Tinggal di rukonya (karena gue juga gamampu bayar kos). Gue disitu cuma digaji Rp.400.000 + makan. Hidup gue bergantung sama cewek yang gue sayang itu.

Berlalu lah masa itu. Nyokap gue sampe rela jual rumah yang hasil dia nabung selama 1th pasca gue berhenti kuliah. Dia tetep pengen liat anak-anaknya sampai sekolah tinggi.

Titik terendah berhasil gue lewati lebih dari 5 tahun. Gue sekarang sudah mulai berdamai sama Bokap, berdamai sama keadaan (dulu, gue benci banget sama bokap). Selama proses itu, gue beruntung punya sahabat dari Sma yang sampai sekarang masih sering bertemu. Kita jarang ketemu karena gue sama mereka udah punya jalan masing-masing di kota yang berbeda. Gue juga merasa beruntung ketemu seorang wanita yang mau dan sayang sama gue. 

Titik terendah yang paling pait yang pernah gue alamin. Nyokap jadi support system gue paling awal. Gue gak pernah tau dia ngeluh (gak kaya gue yang sering ngeluh). Dia juga pendamping pertama gue saat gue jatuh walau gue gak pernah cerita banyak sama nyokap. Dan adik gue jadi penguat untuk terus ngasih contoh saat dia beranjak dewasa (tapi, gue merasa masih sangat belum layak untuk jadi contoh dari seorang kakak).

Di titik terendah, gue nakal se nakal-nakalnya. Balik subuh, balapan motor. Itu dulu. Sekarang? Gue cuma bisa ngetawain gue pernah nakal di zaman sekolah. 

Pas kuliah, gue berhasil lulus tepat waktu. Pas 4 tahun walau terlambat 1 semester. Semua karna motivasi orang terdekat yang sayang gue.

“Terlambat Bukan Berarti Tertinggal” Nasuha Ali, manusia keras kepala haha

Sekarang, gue masih menatap mimpi menjadi seorang Public Relations (Humas) handal. Gue sekarang punya idola baru di dunia selain nyokap, wanita yang gue sayang. Yaaa, gue mengidoakan Bapak Sutopo (Humas BNPB) dan pak Febri (Jubir KPK).

Semoga tidak ada titik terendah lainnya. Cuma 1 cara yang belum bisa gue temukan “Ketakutan akan perpisahan”

Dan terimakasih untuk orang-orang yang rela di samping gue, membawa gue dari titik terenda itu menuju sekarang. Terima kasih untuk kalian. Love you so much.

Jadi, kalian pernah ada di titik terendah yang kaya gimana? jangan takut melewati hal itu, karena ELO GAK SENDIRI dan jangan takut dan malu kalau Elo jadi anak BROKEN HOME! Kita layak Sukses dengan jalan yang berbeda, bangkit dari keterpurukan. Come-on Wake up. Share yuk!!

0 comment: