Mar 12, 2014

Romantisme Masa SMA

Ditengah siang bolong yang sangat panas serta lama banget buat berganti sore. Dibawah guyuran angin syahdu dari kipas dengan merk yang bergitu terkenal. Sambil ditemenin sama satu laptop merk acer. Dari pagu buta sebelum ayam berkokok gue udah di depan laptop ini. Sambil ditemenin segelas teh yang cukup manis. Manis teh ini juga gak bisa ngalahin manis nya wajah gue hehe.

Udah mentok otak ini liat semua kerjaan yang ada didepan mata gue. Dari nge list daftar-daftar bis pariwisata sampe update status di twitter lewat akun kantor. Bosen juga ternyata, dari mulai jam 8 pagi sampe jam 4 sore gue cuma di depan laptop doang. Maklum kerjaan gue yang sekarang cuma butuh laptop dan internet doang hehe.

Ngantuk, haus, asem juga mulut gue, bahkan gue sampe ngelamun. Dari ngelamunin isi dompet yang gak pernah full, ngelamunin saldo atm yang segitu-gitu aja, sampe ngelamunin seorang wanita yang super cantik anugerah dari ilahi untuk menemani cowo manis macem gue hehe.

Ternyata, fikiran gue jauh melayang ke sebuah masa yang paling indah. Dimana masa ini banyak orang yang bilang sebagai masa yang paling indah. Masa yang gak bisa dilupain. Masa dimana gue mulai bertransformasi dari masa alay menuju masa yang buat gue gantengnya jadi maksimal. Yaaap masa SMA. Gue kangen masa itu. Gue pengen balik lagi ke masa itu. Gue rindu masa itu.

Seketika gue pengen nulis tentang masa-masa SMA gue disini. Gue bakal curahin beberapa hal yang sering gue lakuin pas di SMA. Ceritanya adalah sebagai berikut *Jengjreeeng* :

1.Sering Ngecengin Guru yang (Gak) Asik

Ngecengin ? menurut KBBI sih ngecengin itu belum ditemukan artinya. Entah siapa yang mulai bikin kata ini. Gue juga gak tau siapa penemunya. Thomas Alfa Edisson ? James Watt ? Aaah entahlah gue gak mikirin tentang hal itu. Gue punya banyak cerita kalau urusan ngecengin disekolah. Terutama ngecengin guru.
Gue dari pertama masuk SMA udah dikenal dengan hal-hal yang kurang mengenakkan. Apalagi soal ngecengin guru. Gue dibilang paling sering berbuat dosa ke para guru.
Banyak dari guru-guru gue kena kecengan dari seorang nasuha.
Terakhir yang gue inget adalah gue sering banget ngecengin guru bahasa arab. Gue ngecengin dia pake sebutan "MUZDALIFAH" Kenapa gue sebut muzdalifah ? karena guru ini selalu mengenakan pakaian seperti muzdalifah. Dan gaya bahasanya pun gak jauh beda. Maafin nasuha ya bu hehe.
Sebenernya masih banyak yang gue lakuin kalau soal ngeceng mengecengi. Tapi gue gamau nambah dosa nulis disini. Cukup jadi bahan lelucon aja buat hidup gue. Yang penting gue punya kenangannya.
Buat guru-guru gue di SMA. Mohon maaf lahir dan batin

2. Razia Rambut

Razia Rambut ? OH MY GOD. Gue benci denger kata-kata itu. Aturan sekolah lah yang membuat rambut gue gak boleh lebih dari alis mata untuk rambut depan. Gak boleh lebih kelopak telinga untuk rambut samping kanan kiri. Dan gak boleh lebih dari kerah baju untuk rambut belakang. 
Rasanya selama masa SMA itu gue belum pernah ngicip yang namanya "GONDRONG". 
Did You Know ? Sekolah gue ngadain razia itu setiap hari senin. Tepat banget. Pas Upacara Bendera.
Rasanya hari senin adalah hari yang paling gak gue tunggu. Kenapa ? Karena setiap hari senin itu selalu ada kesatria bergunting siap bergentayangan diantara barisan-barisan para siswa dengan muka memelas kepanasan.
Tanpa ampun "Kesatria bergunting" itu menggunakan senjata andalannya yang tajam untuk meluluhlantahkan rambut-rambut gondrong dari siswa. Dan dengan yang "gak" masuk akal menurut dunia perambutan indonesia. Bangkenya aja gak pernah dikubur, cuma di geletakin di lapangan upacara.Hiks
Banyak hal yang sering gue lakuin demi menghindar dari kesatria bergunting ini diantaranya adalah dengan pura-pura sakit ataupun pindah barisan. Cara yang pertama mungkin udah jadi cara klasik bagi kesatria bergunting ini. Cara kedua juga mungkin gak akan berhasil dilakuin kalau kita gak cekatan. Kalo apes ya bisa dua kali lipat kesatria bergunting itu mengeluarkan kekejamannya.
Rasanya kaya lagi dijajah para kolonial belanda deh zaman SMA gue. Sekarang ? giliran gue yang ngeledek adik kelas gue dan ngeledek Kesatria bergunting. Ampun ya pak hehe

3.BEBAS

"Bu, guru mata pelajaran matematika ada ?." tanya gue ke salah satu guru piket di sekolah
"Engga ada, kalian di kelas aja yah." Jawab salah satu guru piket

Rasanya udah kaya mau malam pergantian tahun pas denger kabar itu. Seneng banget kalau ada kabar guru gak ngajar itu. Apalagi sama guru-guru yang terkenal "killer" dalam segala hal. 
Apalagi pas gue udah kasih kabar itu ke para penghuni kelas. Udah girang loncat-loncat sambil salto.
Campur aduk rasanya kalo ada kabar baik itu. Soal BEBAS lah menurut gue kabar yang paling baik. Yaa, walaupun gak dipulangin tapi seengganya bisa menghirup udara bebas didalem kelas. Kalo pulang ya Alhamdulillah aja.
Yang penting kan gue bisa lepas dari hantu-hantu galak kaya di filem-filem. Yang penting gue bisa nongkrong di kantin (nongkrong hal positif looh)
Bebas jaman SMA malah lebih enak daripada jaman kuliah. Jaman SMA mana pernah ada jam pengganti. Makanya gue paling seneng kalo udah bebas tuh.
Tapi, gue baru sadar ternyata keseringan bikin gue bodoh. Karena ketinggalan sama kelas lain. 
Tips dari gue : Gunain waktu bebas di jam belajar untuk hal-hal yang berguna.
Udah kaya mario teguh belum ? hehe

4. Friend Zone

Banyak yang bilang jaman SMA adalah jaman kita mencari jati diri. Mencari segalanya. Dari mulai ilmu, temen, bahkan sampe masa depan bisa ditentuin mulai SMA. Banyak hal yang dicari masa remaja itu. Salah satunya adalah mencari seorang teman.
Teman mungkin bisa dijadikan segalanya. Dijadikan tempat senang, tempat membuang air mata, ataupun tempat mencurahkan isi hati. Teman di SMA bisa jadi adalah temen yang selalu ada. Kalau teman itu emang sejati pasti bakal kangen. Kangen dengan senyum mereka, kangen dengan banyolan mereka, ataupun kangen ke "goblok"an mereka.
Setelah lulus SMA, mungkin gue dan teman-teman bakal berpisah. Udah punya tujuan hidup masing-masing. Punya mimpi masing-masing. Punya caranya sendiri buat gapai sukses itu.
Yakin deh, temen jaman dari SMA itu bakalan lebih kekal daripada di dunia perkuliahan. Di sma pasti ada yang namanya "Masuk bareng-bareng, keluar juga bareng-bareng." Kompak itu udah jadi harga mati. Jangankan temen yang cuma satu orang. Kadang di temen-temen di SMA itu mulai kompak sebelum UN.
Pokoknya pertemanan masa SMA itu emang bener-bener indah deh. Rasanya seneng kalau liat temen-temen gue itu sukses. Apalagi suksesnya bisa bareng. Gue dan temen-temen bisa flashback semuanya.
Gunain juga waktu kumpul sama temen-temen baik di SMA. Dengerin ceritanya, ajak mereka kembali ke masa lalu dimulai dari pertama bertemu. Dan akan selalu indah sampai nanti pertemanan ini beranjak tua. Akan lebih banyak hal untuk di ceritakan nantinya.

Hal-hal diatas adalah hal yang paling gue inget di jaman sekolah. Sebenernya sih masih banyak lagi hal-hal yang gue lakuin dengan cara gue.Dan mungkin juga sebagian besar dari semuanya adalah ngelakuin hal kaya gitu. Zaman SMA cuma flat-flat ajasih gak bakal ada kenangan. Bukan nakal ataupun yang lain yang berkaitan hal negatif. Semua hal itu akan lo inget sampe masa tua nanti. Syukur-syukur hal yang diinget itu adalah yang baik-baik. Nanti kan bisa jadi bahan cerita buat anak-anak kita nanti. Kalo dulu zaman gue SMA itu ada yang berkesan. 
Buat yang masih ngerasain namanya bangku SMA. Nikmatin aja deh. Ambil sisi nyamannya. Di perkuliahan atau kalau lo udah kerja pasti deh kangen sama masa-masa itu. Karena gue yakin masa-masa yang indah itu cuma ada pas kita SMA dan gak akan mungkin ke ulang sampe 2 ataupun 3 kali.

0 comment: