Jul 26, 2014

THR......

Puasa udah hampir selesai. dan itu artinya lebaran sebentar lagi. Banyak kan yang pada nunggu lebaran ? Kenapa lebaran begitu spesial ?

Gema takbir sebentar lagi akan terdengar. Iklam-iklan kue lebaran di tv udah mulai bermunculan bahkan dari awal puasa. Iklan diskonan baju juga gak mau kalah sama iklan kue. bahkan sampai ada kabar gembira kalau pusat perbelanjaan marayana kini ada ekstarknya........

Dari iklan kue, iklan baju, sampe iklan sarimi yang bermunculan di layar televisi ini sebenernya gak mengganggu gue. Karena, godaan terkutuk dari puasa adalah "Makanan di warteg yang ada dibalik hordeng". Apalagi liat iklan ketupat pake opor ayam itu rasanya..........*muter-muter lidah*

Hal diatas gue anggep sebagai bonus dari ketelatenan gue dalam berpuasa satu bulan penuh. Dan bonus yang paling ditunggu adalah THR atau jaman gue kecil itu lebih dikenal dengan Persenan.

Rasanya seneng banget kalau hari raya udah deket karena THR pun semakin dekat. Gue punya trik nih supaya dapet THR banyak baik dari bokap, nyokap, kakak, ataupun sodara lainnya. ini nih :

1. Minta Dompet Baru
Kenapa hal yang harus pertama dilakuin itu minta beiin dompet baru ? Karena dengan membeli dompet baru berarti gue bisa request sebagaimana ukuran dompet dan kapasitas dompet dalam menampung beberapa lembar kertas berwarna dan koin kusam sebelum kemerdekaan.

2.Berpenampilan Ganteng/Cantik
Dalam hal apapun, penampilan itu penting. Apalagi sebelum minta THR gue mesti terlihat tampan. Kalau udah tampan yang mau ngasih THR juga lebih percaya sama kita apalagi dalam mengelola uang. karena orang yang berpenampilan menarik itu biasanya lebih mampu mengendalikan uang *Katanya*

3. Duduk manis di depan Rumah
Setelah sholat idul fitri jangan mau kalau diajakin salam-salaman di mesjid karena pintu rejeki bakal terbuka kalau cepet-cepet pulang kerumah. Karena biasanya tempat berkumpul yang paling pas setelah sholat ied itu dirumah. Jadi, jangan sampai ketinggalan cepet pulang kerumah.

4. Jangan Nolak Kalau diajak kerumah Sodara
Biasanya gue bakal males kalau disuruh kerumah sodara selain hari lebaran. Cause, hari biasa itu gak bakal ada yang namanya persenan. Sejauh apapun tempat saudara pasti bakal gue jabanin selagi itu menjanjikan buat ngisi dompet gue yang masih baru kalau lebaran.

5.Hindari Saudara Pelit
Buat no 5 ini gue saranin bener-bener dihindari. Kalau perlu lo buat list siapa aja saudara-saudara lo yang termasuk kategori pelit ini. Bahkan harus buat list siapa aja yang suka ngasih duit kertas warna merah, warna biru, warna hijau, warna ungu, sampe uang koin yang udah gak berwarna. Di point ini mesti bener-bener menyeleksi supaya gak zonk.
Biasanya saudara yang pelit itu bakal berkelit kalau ditanya soal THR. Jangankan diminta uang kertas warna merah, ditanya uang kertas cap imam bonjol aja dia bingung......................

Nah, gimana nih persiapan THR nya ? sebagai mahasiswa yang cerdas akan keuangan gue juga mulai memikirkan gimana caranya antara pemasukan dan pengeluaran itu supaya seimbang. Kalau uang yang keluar buat beli baju lebih banyak. Gue harus mikir gimana caranya uang pemasukan dari THR bisa menutupi. 

Mesti pinter puter otak meskipun sekarang bukan termasuk kategori anak-anak lagi tapi udah masuk kategori dewasa yang masih imut-imut kaya gue ini wkwkwk.

*Mohon maaf apabila tulisan ini lebih menarik ketimbang uang THR*

0 comment: