Jan 5, 2015

Sebelum masuk kuliah......

"Kak, kuliah itu kaya gimana yaa ?"

Sebuah pertanyaan klise dari anak SMA yang sebentar lagi lulus dan bakal jadi seorang mahasiswa. Apapun stratanya, yang penting mahasiswa.

"Aduh, gue masih buta nih soal kuliah"

Buta soal kuliah, sebuah pernyataan yang juga hampir sering diutarakan oleh para calon mahasiswa setelah memasuki semester 5 menuju semester 6 sekolah menengah atas. Dimana akan banyak Universitas-universitas yang melakukkan roadshow atau marketing halus kepada para siswa-siswa di SMA. Dan banyaknya universitas yang roadshow tersebut semakin membuat para siswa yang sudah mulai beranjak "tua" itupun menjadi semakin bingung.

"Aduh, mau masuk kampus mana yaa"

"Aduh, gue mau masuk jurusan apa yaa"

klise memang beberapa pernyataan dan pertanyaan seputar dunia perkuliahaan bagi anak SMA. Dan itupun pernah gue alami sendiri sewaktu gue masih unyu. Masih polos-polosnya di SMA. Belum tau dunia perkuliahan itu seperti apa. Bahkan belum tau tugas bertubi-tubi itu apa. Karena yang gue tau sebelum gue jadi mahasiswa adalah "kuliah itu enak". Loh kok enak ? iya enak, jam kuliah engga sepadet jam sekolah. Masuk kuliah pun gak harus selalu jam 7 pagi atau bisa kurang. Kalau hari senin gak mesti upacara bendera. Dan kalau bangun kesiangan pun bisa titip absen (jangan ditiru yaa)

Dari pengalaman gue, ada beberapa ketakutan yang dialami oleh para siswa-siswi SMA sebelum ujian nasional berlangsung dan setelah ujian nasional berakhir. Bahkan sampai kelulusan pun ketakutan itu akan ada.

"Mau masuk Universitas apa ? Universitas Negeri atau swasta ? Mau masuk jurusan apa ?"

Yaa, ketakutan diatas adalah sebuah ketakutan yang mungkin hampir akan dirasakan oleh siswa-siswi SMA yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ke dunia perkuliahan. Belum lagi tuntutan orang tua yang kadang ada juga mewajibkan untuk anaknya masuk ke salah satu Universitas ternama atau bonafit demi mendongkrak image orang tua di depan teman-temannya, atau juga memaksakan anaknya untuk masuk ke jurusan yang orang tuanya inginkan atau bahkan telah diidam-idamkan dari jaman brontosaurus masih nyusu.

Kalau menurut gue, hal-hal diatas itu adalah hal yang biasa. Tinggal bagaimana kita me-manage berbagai kemungkinan yang akan kita hadapi. Salah satunya adalah orang tua. Dari pengalaman gue, baik sebelum menjadi mahasiswa ataupun setelah menjadi mahasiswa biasanya ada beberapa cara dalam menentukan jalan sebelum masuk kuliah. Dan cara tersebut adalah.......... "jengjreeeng"


1. Minta Restu Sama Orang Tua

Setiap langkah yang akan kita lakukan restu dari orang tua akan sangat penting untuk kedepannya. Dimana gue baru menyadari bahwa apa yang dikatakan Tuhan dalam firman-Nya adalah " Ridho Allah adalah Ridho orang tua". iya, segala sesuatu apabila orang tua itu merestui maka sesuatu itu-pun akan di-ridhoi oleh tuhan. 

Begitu juga dengan kuliah, restu orang tua pun akan sangat penting. Kalau kita kuliah dengan restu orang tua, kedepannya pun insya allah  kuliah kita akan lancar. Semangat kuliah pun akan selalu ada karena gak mau ngecewain orang tua. Kalaupun orang tua tidak sejalan dengan kita soal pilihan kampus jangan khawatir, karena masih banyak cara untuk meluluhkan hati orang tua. Kalau kita bisa me-lobby orang tua dengan baik, alhasil orang tua pun akan setuju dengan apa yang kita perjuangkan. Pasti orang tua pun akan mengerti. 

2. Ikut Berbagai Roadshow

Musim mahasiswa baru, musim juga universitas yang akan roadshow. Baik ke sekolah-sekolah ataupun menjadi satu dalam sebuah acara. Udah jadi hal yang biasa kalau mahasiswa pas pulang ke daerah asalnya mengemban tugas untuk lebih memperkenalkan almamaternya kepada adik-adik kelas di SMA. Biasanya sih gitu.

Untuk adik-adik unyu di SMA, jadikan ini sebagai sebuah kesempatan. Kalau ada kesempatan buat lebih tau tentang universitas mending ikut andil deh. Siapa tau kan ada kampus yang di-impikan disana. Enak kan kalau lebih tau soal kampus yang udah lama pengen jadi salah satu bagian didalamnya. Makanya, setiap ada roadshow yang dilakukan setiap universitas ikut, dengarkan dengan baik jangan sampai ada satu informasi yang tertinggal. Apalagi tertinggal di hati kakaknya yang roadshow. Eaaaaa~

3. Jangan Malu untuk bertanya

Ada pepatah, "Malu bertanya sesat dijalan"

Memang ada benernya juga pepatah itu. Kalau kita malu untuk menyakan sesuatu yang kita pengen tau adalah sebuah kesesesatan nantinya. Jangan sampai kehilangan sebuah informasi karena kita malu untuk bertanya. Apalagi kalau ada dari Universitas yang lagi roadshow memperkenalkan lebih jauh tentang kampusnya. Jangan sampai engga nanya !! mubazir kalau menurut gue ada universitas yang engga roadshow tanpa bertanya. Siapa tau kan banyak informasi yang engga kita tau atau bahkan belum paham kita bisa tau. Siapa tau juga karena kita nanya kita jadi banyak ilmu yang didapat. Dan siapa tau juga karena kita nanya kita jadi tau kakak itu jurusan apa. Ceileeeeh ~

Jadi intinya, Jangan malu bertanya yaa kalau engga mau salah arah nantinya.


4. Jangan Kebawa Arus Temen

SMA adalah waktu dimana sebuah pertemanan itu akan semakin erat. Dan ini akan tetap berlaku selama belum menjadi mahasiswa. Pertemanan SMA adalah sebuah pertemanan yang mengharuskan untuk selalu bersama. Jadi kemana-mana tergantung temen.

Kalau masih pegang prinsip kaya gitu mending mulai dihapuskan deh. Jangan diberlakuin lagi hal kaya gitu. Emang temen itu penting tapi tidak selalu apa yang kita inginkan tergantung teman. Misalnya, kalau teman ke Wc kita harus ke Wc, Kalau teman ke kantin kita ikut ke kantin, kalau teman nikah pun kita harus ikut nikah (matek). Yang terakhir jangan diikutin -,-

Sebisa mungkin kalau menjelang habis masa waktu SMA, usahakan untuk punya prinsip sendiri. Prinsip yang tidak selalu tergantung "kalau ada teman". Itu belum tentu bisa memajukan diri sendiri. Kalau ada roadshow dari universitas usahakan ikut. Jangan ikut arus kalau temen males ikut roadshow kita ikut kebawa males. Itu salah besar !!!

5. Jangan Takut Gagal

Setiap orang di dunia ini engga ada yang punya cita-cita untuk gagal, engga ada yang mau punya mimpi menjadi seseorang yang gagal. Semua pasti punya mimpi untuk sukses, bahagia, berhasil. 
Gagal adalah salah satu proses pembelajaran untuk lebih baik. Gagal adalah cara tuhan menunjukkan keberhasilan kita. Sebuah keberhasilan yang masih tuhan simpan untuk nantinya. Untuk sebuah keberhasilan tuhan ingin melihat kerja keras dari umatnya.

Gagal masuk universitas yang diinginkan tidak menjadikan seseorang gagal menjadi seorang mahasiswa, tidak !!. Sebuah stigma yang salah besar apabila menganggap kampus yang diinginkan akan menjadi jalan seseorang untuk menjadi berhasi. Masih banyak jalan menuju roma. Ada benarnya juga memang pepatah seperti itu. Gagal masuk universitas impian bukan berarti gagal juga untuk menjadi mahasiswa yang sukses. Kalau gagal yaa coba lagi, usaha lagi, berdoa lagi. Jadi, jangan takut gagal.

5 hal diatas pernah gue alami selama gue masih menjadi seorang siswa sekolah menengah atas. 5 hal diatas cuma jadi gambaran karena gue pernah mengalami masa sulit yang sama saat akan menjadi seorang mahasiswa. Jangan sampai kita pusing sendiri karena kita belum dapet apa yang kita inginkan. Dari poin ke 5 gue bisa ambil intisarinya. Jangan takut gagal, karena gagal adalah sukses yang masih dirahasiakan tuhan. Kalau gagal masuk universitas A jangan putus asa. Coba lagi. Siapin planning B. Jangan memaksakan kehendak. Kalau tuhan belum mengizinkan saat ini mungkin masih ada tahun depan untuk kampus yang diinginkan. Kalau tuhan masih belum memberikan kesempatan untuk berada di suatu tempat, cari tempat lain. Siapa tau tempat yang lain itu bisa sedikit melupakan kegagalan di tempat yang lama. Dan memberikan sebuah kenyamanan baru.

Terakhir, Jangan terlalu mengharapkan sesuatu yang belum pasti. Berharap boleh tapi jangan menjadikan itu sebagai sesuatu yang ambisius. Kalau terlalu berharap nanti jatuhnya itu sakit. Bahkan bisa membuat sakit. jadi, jangan terlalu berharap dan ambisius. Masih ada jalan kok. Kampus yang bagus kan bukan cuma 1, banyak yang bagus. Tergantung bagaimana kita menghadapi dan menjalaninya. Good Luck !!
 

0 comment: