Oct 3, 2014

Balada Anak Kost

Beberapa hari ini gue banyak merenung. Merenung liat para embe yang sebentar lagi akan meninggalkan dunia untuk selamanya. Mereka rela menjadi kurban untuk mendapatkan surga yang indah. *asal jangan kurban perasaan aja yak*

Selain itu juga gue sempet merenung liat beberapa hari kebelakang disaat masa paceklik yang sungguh sangat tidak diharapkan itu datang pada anak kos tak terkecuali gue. Gue sedih kalau liat kalender itu mulai memasuki angka 25 hingga 30. Sungguh sangat tidak mengharapkan atas siklus yang tentunya akan menghadirkan angka tersebut. 

Sebagai anak kost tampan dan rupawan tentunya gue selalu menjaga kerupawanan yang bukan cuma wajah tapi juga dompet gue yang senantiasa setia menemani gue kemanapun dan kapanpun gue pantatin. Serasa mau lompat dari gedung kalau si kesayangan yang satu ini sama sekali tanpa penghuni. Jangankan untuk selembar kertas berwarna merah dengan pas foto dari seorang pahlawan ternama atau bahkan logam silver yang dipake buat beli permen aja belum tentu cukup. Enggan rasanya kalau mereka menghilang dari dompet.
sumber : www.ciricara.com

Sebagai anak kost yang super cerdas dengan berbagai cara tentunya gue gimana caranya walaupun gak berisi dompet tapi si perut tak bernyanyi. Dibawah ini adalah beberapa cara gue dalam menghadapi masa krisis yang terasa lama apabila sedang mengalaminya. Nah !! ini nih diantaranya :

1. Perbanyak Teman

Ada pepatah mengatakan : 1 teman bisa mengatasi 1 masalah. 1 musuh bisa menambah lebih dari 1 masalah. Banyak teman disini adalah dimana kita bisa bersosialisasi dengan baik. Biasanya orang yang banyak teman itu hidup nya gak terlalu sulit. Karena disetiap ada kesulitan disitulah teman muncul.

Tapi, jangan sembarang milih teman yaaa. Cari orang yang emang bener-bener layak dikategorikan sebagai seorang teman. Jangan cari teman yang ada disaat susahnya aja. Cari teman yang mau diajak susah bareng. Bayarin makan contohnya wkwkwk.

2. Sering Berkunjung

Setelah punya banyak teman tentunya harus tetap mengunjungi nya. Jangan mentang-mentang ada teman baru terus teman lama dilupain gitu aja. Jangan sampe sama teman lama dibilang benalu. Yang ada mau nya kalau lagi butuh itu. Usahain tetep komunikasi walaupun sebatas tanya kabar. Siapa tau aja kalau rejeki kan bisa diajakin di rumah makan terkenal ataupun di rumah makan sederhana.

Teman juga butuh apresiasi dari kita. Salah satunya dengan sering berkunjung ini. Kalau emang deket kunjungin mereka sesering mungkin di jam yang tentunya mereka engga lagi sibuk. Masa iya teman kita lagi ngorok terus dibangunin suruh traktir es kelapa. Bisa bisa gue di gantung karena keadaan teman gue lagi setengah ngiler -,-.

Jangan juga kita dateng disaat cuma ada susah, butuh, atau ada maunya aja. Karena gak ada orang yang mau kalau cuma dijadiin benalu.

jadi, sering sering deh berkunjung kalau emang mau dapet nasi box atau nasi padang. Siapa tau aja temen lo itu emang lagi ngidam. Ide bagus.

3. Hubungi Teman Lama 

Sama kaya apa yang udah dibahas di no 2 kalau kita udah punya temen baru jangan lupain temen lama. Hal ini berlaku buat para anak kost termasuk gue. Khususnya menjelang dimana tanggal-tanggal krisis itu akan menyerang ~

Mulai sekarang hubungi teman-teman lama. Mau itu teman SMA, teman SMP, teman SD, ataupun  teman TK dan teman seperguruan di playgroup. Kalau udah lost kontak coba deh cari cari di om google nama temen lo jaman sebelum mahabrata menyerang. Siapa tau om google bisa menyelesaikan masalah tanpa masalah *kaya slogan tempat itu tuh.....*

Buat yang mau mencoba untuk menghubungi kembali teman lama nya ternyata gak serta merta ngehubungin gitu aja terus temen lo langsung ngajak makan pizza buat satu RT. Butuh rentang waktu dan beberapa proses komunikasi yang baik (maklum gue abis belajar kata-kata yang terakhir). Emang ternyata gak segampang membalikkan telapak tangan. Butuh basa basi terlebih dahulu misalnya 

"Halo bro, apa kabar nih ? Gimana kuliah lancar ? ini gue ..... temen waktu masih ngompol bareng"

Standar basa basi sih begitu yang gue tau. Tunggu sampe temen lama lo itu bener-bener merespon dan bener-bener inget siapa lo sebenernya. Kalau engga direspon juga mesti puter otak gimana caranya teman lo itu benar-benar mengingatnya.

Kalau udah direspon dan menyatakan kalau dia inget siapa lo itu jangan langsung seneng. Terus jalin komunikasi yang baik sampe akhirnya temen lo bilang " Sini ke kos gue, ada paha mulus khas restoran amerika"

4. Ikut Kuis Berhadiah

Untuk ikut kaya gini sih biasanya butuh sebuah keberuntungan yang luar biasa. Gue hampir sering ikut kuis kuis berhadiah jutaan rupiah yang bisa bikin gue kenyang sama nasi telor selama sebulan. Coba coba ikut kuis sana sini. Ikut kuis di tipi, ikut kuis di twitter, bahkan sampe ikut kuis yang sering dosen adain semaunya dan itu semua hasilnya nihil. Gue gapernah dapet hadiah jutaan rupiah itu.

Pernah pas lagi nge hitz nya kuis kuis dari calon presiden yang hadiahnya cukup menggiurkan gue sebagai seorang anak kos. Gue paling antusias pas jam jam acara kuis itu mau mulai. Karena menurut gue keberhasilan gue dalam menonton serta memenangkan acara kuis itu lebih penting daripada gue nonton dan menghayal tukang bubur yang sampe sekarang gak pernah keliatan syuting di mekkahnya.

Lumayan loh kalo lagi beruntung dapet hadiah kuis. Bisa beli warung nasi selama sebulan terus party sama temen-temen kos dan pesta seribu gelas es teh manis. *uuh nikmatnya*

5. Jeli di Setiap Kesempatan

Kategori yang terakhir menurut gue sangat penting untuk menunjang kelangsungan hidup para pejuang kos khususnya gue. Kadang anak kos dituntut harus lebih jeli dari manusia lainnya. Anak kos harus lebih hebat daripada anak yang ganteng tapi menyerupai serigala ataupun anak yang lahir dari bapak harimau dan ibu manusia.

Begitu juga harus jeli pada setiap kesempatan meskipun itu kecil peluangnya. Gue kasih contoh gini, kalau disekitar kos ada hajatan itu wajib hadir. Baik sebagai tamu undangan meskipun (ga)punya undangan ataupun cuma sebatas bantu bantu yang punya hajat.
Cukup pake baju batik yang gak lusuh dan berpenampilan menarik dan jangan lupa untuk bawa beberapa lembar amplop untuk diisi uang. Beberapa lembar amplop ini mengantisipasi kalau ada beberapa undangan di tempat terdekat.

Dari beberapa bahasan yang (gak) jelas gue mungkin kesimpulannya adalah bahwa anak kos itu akan lebih survive dalam menghadapi hidup, Terutama saat badai akhir bulan dan isi dompet kosong. Ada 1001 cara yang anak kos bisa lakukan demi mempertahankan hidupnya serta membuat hidupnya untuk gizi yang lebih baik dari sebelumnya. Anak kos akan terlihat lebih kuat daripada mereka yang sampai usia dewasa menuju tua nya tetap tinggal bersama orang tuanya. Bukan bermaksud membanding-bandingnkan tapi kebanyakan dari apa yang gue liat seperti itu. Sekian

0 comment: