Oct 28, 2014

Jadi Anak Muda Keren Itu, Gampang !!

*Selamat anda telah memasuk waktu tengah pagi indonesia bagian sleman utara*

Terdengar sayup-sayup terbawa angin malam suara yang diatas dan tak tahu darimana asalnya. Jadi gini, bertepatan dengan 28 oktober besok. 28 Oktober adalah hari yang sangat bersejarah untuk bangsa ini.

"Lhoo, besok ada apa ? Hari apa ? Kok engga ada tanggal yang diwarnain merahnya ?"

Jawaban apa yang kira-kira tepat untuk pertanyaan diatas ini ? Siapakah yang selalu menyiapkan pertanyaan ini apabila disinggung soal hari bersejarah di kalender ?

Yaps, tepat sekali !! Anak dari usia SMP, SMA, bahkan sampe anak kuliahan sedikit banyak akan membuat pertanyaan seperti itu. Atau dapat dikategorikan sebagai pemuda.

28 oktober adalah harinya pemuda. Menurut gue, tidak ada satupun orang yang tidak tahu akan ada apa di 28 oktober.




Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928
Sumber Gambar : sisidunia.com

Gimana udah jelas kan ada apa di tanggal 28 oktober ? 

Tanggal 28 oktober merupakan hari bersejarah dimana sumpah dari para pemuda itu lahir. Bahkan sumpah pemuda lahir sebelum negeri ini merdeka. Merdeka dari segala macam dan jenis (pen)jajah(an). Para pemuda waktu itu bahkan terlihat begitu keren dengan sumpah yang mereka buat. Dan hingga sekarangpun sumpah itu tetap ada dan menjadi sebuah peninggalan sejarah bagi bangsa ini.

Sudah 86 tahun sumpah ini tetap ada dan menjadi pelecut semangat bagi para pemuda masa kini. Namun, semua itu kini hampir sirna *Biarkayajudullaguaja*. Looh kok hampir sirna ?

Sebenarnya itu pertanyaan yang mungkin akan bisa dijawab oleh sebagian orang dalam hal ini sesama pemuda. Sebagai seorang pemuda walaupun sekarang gue sudah masuk ke masa akan uzur, gue akan menjawab pertanyaan itu dengan gampang. "Tergerus Zaman"

Jawaban gue bukan tanpa alasan. Dan gue secara pribadipun setidaknya harus mengikuti zaman itu.
Mau engga mau dan tanpa kompromi. Dan banyak dari para pemuda yang "tergerus zaman" itu memiliki orientasi negatif di dunianya.

Zaman dulu, pemuda yang keren adalah pemuda yang mampu mengangkat senjata dan berperang melawan para lawan. Kalau buat zaman sekarang, bisa gue bilang adalah kuno. Kuno karena pemuda sekarang tinggal hanya menikmati peninggalan sejarah dari pemuda-pemuda hebat di era yang lalu. Buat gue, keren itu engga mesti mengangkat senjata dan lalu berperang dengan musuh.

Gue punya beberapa cara agar gue, elo, kita semua menjadi seorang pemuda yang super duper keren.... Dan ini caranya :

1. SOSIAL

Hal yang paling dibutuhkan oleh pemuda saat ini adalah menumbuhkan sifat sosial. Dimana pemuda sekarang lebih memilih dunianya masing-masing daripada harus bersosialisasi dengan dunia yang lebih luas.

Banyak pemuda keren diluar sana yang patut dicontoh dan dibilang keren dari jiwa sosialnya Pemuda yang keren berhasil mencontohkan bahwa jadi seorang pemuda yang keren itu juga harus punya jiwa sosial. Jiwa dimana pemuda mampu melihat sekitar sebagai kebutuhan hidup.

2. (Ke)ren Engga Harus (Ke)ras

Miris memang melihat tayangan yang ada ditelevisi khususnya program berita. Banyak para pemuda (siswa,siswi, sampai Kuliah) yang rela menghabiskan kesempatan belajarnya hanya unttuk mengacungkan sebilah bambu dan menyerang lawannya.

Orang yang kaya gini menurut gue belum bisa dibilang keren. Sebenarnya keren itu juga bisa kok kita dapet dari ilmu pengetahuan yang guru kasih, dari teman, ataupun dari dunia yang begitu luas ini. Mereka yang lebih mencari pendongkrak keren lewat cara seperti ini harus cepet-cepet di rukiah. Biar mereka cepet sadar kalau mereka ada di zaman nabi yang setiap halnya selalu pakai kekerasan untuk menjatuhkan nabi. Atau berperang untuk mengusir koloni dari negeri ini

Banyak kok pemuda keren yang berhasil membuktikannya dengan prestasi yang membanggakan. Bukan memalukan dengan berurusan dengan aturan ataupun aparat kepolisian.

3.Open Minded

Cara ampuh supaya pemuda itu semakin keren adalah open minded. Open minded ini sangat diperlukan oleh setiap pemuda termasuk gue.Dengan wawasan yang sangat luas pemuda sebenarnya mampu memilih dan memilah mana yang terbaik untuk dirinya sendiri. Bukan malah jadi salah arah dan akhirnya jatuh ke lembah seperti no 2.

Gue telah banyak melihat, bertemu, bahkan hanya sekedar duduk manis untuk mendengarkan kisah-kisah mereka (pemuda) yang luar biasa kerennya.

Memang gue masih belum jadi seorang pemuda yang keren. Gue tetap mencoba tentang bagaimana menjadi seorang pemuda yang keren. Pemuda yang keren karena prestasi yang keren. Bukan malah mencoreng dengan hal-hal yang sangat memalukan.

Tips kecil terakhir dari gue adalah biasakan untuk jalan-jalan sendiri melihat keadaan sekitar. Dan setelah itu akan tahu bahgaimana dunia sekitar akan membawa dirimu ke kehidupan yang lebih keras lagi.

Jadi, buat keren dimasa muda itu gampang kan ?

-Sekian-


"Selamat hari sumpah pemuda yang ke 82, semoga pemuda yang bangsa ini miliki tidak hanya sekedar memiliki tapi mencintai negeri ini dengan sepenuh hari"

0 comment: