Oct 2, 2014

Cita - cita Masa Kecil

Pernah punya cita-cita waktu masih kecil ? Kira-kira sekitar umur 1-2 tahun lah awal mulanya sebuah cita-cita yang mulia itu muncul. Dengan kepolosannya anak usia itu bebas berekspresi apapun termasuk sama cita-cita.
sumber : retnoristianingrum.blogspot.com

Nah, sesuai dengan pembuka diatas gue akan membahas sedikit cita-cita masa kecil gue. Cita-cita yang mungkin sampe sekarang jauh dari angan-angan masa kecil. Masa kecil gue yang belum ternodai oleh apapun termasuk teknologi. Tapi, bukan teknologi nya yang bakal gue bahas. Karena gue belum mengerti apapun tentang teknologi di jaman itu.

Gue masih inget waktu kecil itu gue lebih sering main tanah ketimbang main gadget kaya anak kecil jaman sekarang. Zaman gue dulu lebih sering main petak umpet ketimbang main angry bird. Gue waktu kecil lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah untuk berkumpul dengan temen-temen sebaya gue dibanding dengan anak kecil jaman sekarang yang lebih asik dikamar dengan gadgetnya daripada dunia luarnya.

Banyak gue liat kalau sekarang itu beda banget sama zaman gue ingusan dulu. Mereka yang lahir di era 2012 ketas lebih sibuk dengan teknologi nya ketimbang cita citanya. Gue inget banget kalau dulu itu gue baru pulang karena 3 hal : Nangis karena berantem, adzan magrib, dimarahin bokap.

Selain itu juga gue inget banget dulu pernah ada satu momen disetiap gue dan temen sebaya main. CITA-CITA. Gue sering ngobrolin tentang masa depan dan cita-cita dalam konteks anak kecil. Dengan gaya yang kaya calon eksekutif muda kita bahas tentang cita-cita.

"Eh kamu kalau udah gede nanti mau jadi apa ? "

"Aku mau jadi dokter dong, kalau kamu ?"

" Kalau aku gede nanti mau jadi astronot dooong. "

"Kok mau jadi astronot sih ?"

"Iya doong, kan aku mau terbang dibulan biar bisa ajak orang tua juga"

"............................."


Percakapan diatas mungkin gak beda jauh dengan orang lain yang pernah mengalami masa ini. Gue bisa dengan bebas mengatakan hal apapun yang gue mau. Kadang alasan nya pun cuma karena biar keren. 

Pembahasan seperti itu juga biasanya ditanyain ke orang tua. Termasuk gue yang pernah membayangkan cita-cita ini ke orang tua gue.

"Mah, kalau gede nanti boleh jadi astronot ?"

"Boleh doong. Jawab nyokap gue"

" Aa pengen ajak mamah dan bapak terus sama temen-temen aa pergi ke bulan. Jawab gue yang masih polos sampe tertidur dipangkuan nyokap"

Sampe udah gede dan hampir "tua" gini aja gue masih inget dulu gue mau jadi apa. Dan pasti setiap cita-cita itu gak akan jauh sama yang namanya jadi dokter, polisi, guru, atau mungkin jadi power ranger yang bisa lindungin dunia dari monster-monster cukup keren.

Andai aja dulu gue udah mulai nulis gimana cita-cita gue zaman kecil dulu, mungkin sekarang gue bakalan ketawa ataupun bisa aja bilang "gue bego". Iya gue bego, karena setelah gede kaya gini gue gak bisa terus sejalan sama cita-cita masa kecil gue. 

Gak pernah terfikirkan kalau gue bakal kuliah dijurusan komunikasi. Jurusan yang mungkin gue belum tau waktu kecil dulu. Yang mungkin belum paham bakal jadi apa gue gede nanti. Yang belum tentu bisa nyenengin orang tua gue kalau udah gede. 

Walaupun gak ada cita-cita gue yang sejalan dengan alur hidup yang gue pilih sekarang, setidaknya gue masih punya cita-cita yang paling terakhir yang dari zaman kecil gue punya. Nyenengin kedua orang tua. Menurut gue, anak mana yang gak mau liat orang tuanya seneng karena anaknya berhasil. Berhasil dalam hidup. Karena, kerja keras orang tua selama gue masih kecil engga sia-sia ngurus gue, makanin gue, sampe nyekolahin tinggi gue. 

Tapi sebaliknya, orang tua gue bakal kecewa dan sedih kalau liat anaknya yang dulu bercita-cita setinggi langit engga seperti yang mereka harapkan.

Jadi, jangan pernah takut buat bercita-cita setinggi langit. Jangan takut walau cita-cita kita ga sesuai dengan cita-cita masa kecil. Karena, masih banyak ribuan cita-cita yang masih bisa dirangkai dan digapai sampai kapanpun.
"Senyum terindah didunia ini adalah senyum kedua orang tua yang bahagia karena buah hatinya"

0 comment: