Aug 4, 2015

Engga Malu Tuh

Nasuha, kamu kuliah dimana?
Nasuha, masuk kuliah dimana?
Nasuha, keterima kuliah dimana?
Nasuha kuliah di Jogja ya? di kampus apa?

Pernah kan dapet pertanyaan sejenis ini? Sekali, dua kali, atau bahkan lebih?
Pertanyaan ini bakal muncul sampai gue bener-bener dinobatkan sebagai mahasiswa baru disebuah universitas yang (kurang) ternama di kota gue mengenyam pendidikan terakhir putih abu-abu. Banyak yang kurang tau tentang almamater gue yang baru ini. Mungkin mereka yang engga tau itu cuma karena kurang familiar aja. Atau karena reputasi almamter gue ini masih kalah bersinar dibanding almamater lain yang menyandang predikat almamater punya negara. Ya gitu deh..

Adalagi nih pertanyaan atau pernyataan lainnya, kaya gini:

Nasuha, kuliah di Jogja kan? di UG"?
Nasuha, di Jogja itu pasti kampusnya di UG"?
dan yang lebih parah lagi ada seseorang yang bilang gini, Nasuha di jogja itu keren yah, pasti bangga deh kuliah di UG".

Hmmm pernyataan yang sangat brilian. Padahal banyak dari semua pertanyaan itu gue jawab. Bahkan di hampir sosial media pun gue pernah mencantumkan tentang almamter gue yang baru ini. Dan gue yakin yang buat pernyataan terakhir itu pernah baca di sosmed, atau denger langsung dari bibir sexy gue. Sayang, kamu terlalu lama di kota asalmu.

Loh, kalimat terakhirnya kok gue bilang gitu ya?
Iya, gue selalu sedih liat mereka yang cuma ada di kandang alias kota asal tapi dia merasa paling tau tentang kandang orang lain. Padahal dia cuma stak di situ-situ aja. Dia cuma liat perkembangan kandangnya aja dari jalan berlubang sampai jalan itu diperbaiki tapi belum selesai. Atau bahkan dari pergaulan pun cuma dengan satu kandang. Mungkin.

Kenapa tengah malam ini gue pengen bahas ini?
Ide gue muncul seiring beberapa celetukan dan pertanyaan sejenis itu. Gue sedih dengan mereka. Kenapa mereka cuma tau satu hal, padahal diluar nya masih banyak hal-hal lain yang harusnya mereka tau. Mereka tau untuk ilmu, pendidikan, bahkan pengalaman yang belum tentu didapet di dalam perut ibumu. Coba keluar biar tau dunia itu kaya gimana. Coba keluar biar fikiranmu itu segar dan terbuka akan hal-hal baru. Coba keluar biar kamu tau kerasnya dunia ini. Jangan berpangku tangan sama rahim yang melahirkanmu, meskipun masih mengharap belaskasihnya. Namanya juga belajar. Belajar buat ngadepin kerasnya dunia. Masa kamu disitu-disitu aja?

Walau engga menetap untuk waktu yang engga sebentar, coba deh singgah untuk bertamu walau sekejap. Siapa tau dapet pengalaman yang WOW. Siapa tau juga biaya yang dikeluarkan kedua orang tua mu itu tidak sia-sia. Emang sih lewat sosial media itu semua serba ada, serba tau, dan serba cepet. Tapi, pengalaman bukan cuma didapet dari dunia kecil yang luas lewat sebuah layar. Selagi matamu sehat pergunakanlah untuk melihat dunia yang amat besar ini. Pergunakan juga kakimu untuk melangkah ke tempat baru. Pakai tanganmu untuk menulis pengalaman yang luar biasa itu. Dan ceritakan semua kisah terbaik lewat mulutmu. gitu.

Looking for a new experience isnt easy, tapi percayalah dibalik itu semua akan ada banyak hal yang terbayarkan dengan pengalaman barumu . Tapi, orang tua gue gak ngebolehin gue ngerantau, gimana doong?

Ah, kalau itu sih gue engga mau urus. Boleh atau engga orang tua  anaknya merantau sih ya ada di dalam diri masing-masing. Gimana meyakinkan orang tua supaya percaya, atau bahkan dengan menunjukkannya. Biar apa? ya biar yakin gitu loh. Manusia butuh hal baru. Buat gue hal baru itu sama dengan pengalaman baru. New experience is important, very important bahkan.

Dan gue engga malu dimana gue sama almamater gue. Terserah orang mau bilang apa tentang almamter gue ini. Emang kalau gue engga di tempat yang I nya satu gue bakal kalah saing gitu sama yang ada di almamater I itu? atau gue bakal dapet IP dibawah 1 kalau gue ada di almamater gue sekarang? ah engga juga.

Gak peduli gimana orang lain menilai. Sukses cuma tangan gue yang nentuin dan pengalaman juga mungkin akan menuntun gue. Sekali lagi, cobalah untuk keluar dari zona nyamanmu  biar  tau gimana berada di zonanya orang lain. Gue buat tulisan ini gada maksud apa-apa. Cuma hanya ingin memberikan sebuah pandangan bahwasanya keluar dari zona nyaman itu perlu, bahwa pengalaman baru itu perlu, bahwa kisah baru itu perlu, buat hidup. Dan gue engga malu tuh.

0 comment: