Oct 21, 2014

Ritual Ritual Khusus Anak Kost

Suka duka selama menjadi anak kos telah gue jalani hampir dua tahun ini. Ada hal yang engga akan dialami sama mereka yang hanya tetap berdiam diri dirumah nya. Biasanya, mereka yang tidak merantau lebih banyak hidup nikmat dirumah. Makan dimasakin, baju dicuciin, cuma mandi aja yang engga di mandiin. Berbeda dengan anak kost. Semua serba dilakukan sendiri dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi.  Ada 1001 cara yang dibuat demi mempertahankan dirinya agar tetap hidup di dunia perantauan.
Sumber Gambar : ayobuka.com

Terkadang, menjadi anak kost terlalu banyak susahnya daripada bahagianya. Bahagianya adalah ketika awal bulan dimana orang tua lagi berada dalam suatu fase yang sangat baik yaitu mengirimkan jatah bulanan anaknya. Susahnya adalah ketika tanggal mulai berganti dari tanggal yang hanya satu digitu berganti menjadi tanggal yang dua digit. Memasuki tanggal dengan dua digit adalah awal dari kemunduran bagi para anak kost. Serba menipis. Itu yang dirasakan anak kos saat memasuki tanggal tanggal yang berada didalam fase kritis.

Dan selama hampir dua tahun merantau ini, gue telah menemukan berbagai fenomena atau ritual khusus yang dilakukan oleh anak kost demi mempertahankan hidupnya. Baik yang secara langsung gue alami ataupun dari lingkungan sekitar yang gue lihat. Berikut adalah ritual-ritual khusus yang dilakukan para perantauan atau khususnya anak kost saat akhir bulan mulai datang :

1. Lapar = Tidur

Ritual yang pertama ini mungkin baru gue temuin setelah gue menjadi seorang anak kost. Seharusnya, apabila kita merasakan lapar segerakanlah untuk makan. Tapi, buat anak kost kaya gue gini itu bukan jadi solusi.

Solusi terbaiknya adalah kalau kita merasakan perut kita keroncongan saat lapar usahakan untuk bersegera menuju kasur yang empuk. Karena kasur yang empuk membuat kita lupa kalau kita sedang merasakan lapar. Dan biasanya tidur juga bisa mempercepat waktu dan membuat gue bisa men-jama- antara makan pagi dengan makan siang, makan siang dengan makan malam ataupun makan pagi yang dilakukan keesokan harinya.

2. Stok Makanan di Awal Bulan

Biasanya kalau awal bulan itu pengennya hura-hura sana sini karena kondisi keuangan masih baik. Saat mendekati akhir bulan biasanya kondisi keuangan akan semakin memburuk. Krisis akan hadir dimana-mana saat akhir bulan itu akan datang.

Dari kemarau panjang hingga kekeringan isi dompet menjadi hal yang sangat wajar bagi anak kost. Mungkin hal ini terjadi karena euforia yang dialami saat awal bulan itu tiba. Semua akan lupa saat awal bulan tiba.

Tapi, gue dapet trik dari beberapa temen gue yang satu kost sama gue. Ternyata walaupun mereka larut dalam euforia awal bulan, mereka juga tidak lupa untuk masuk kedalam supermarket untuk membeli berbagai macam makanan yang bisa mengganjal perut saat masa krisis itu tiba. Dan yang dibeli pun kebanyakan adalah mie instan. Karena mie instan merupakan the power of anak kost. Belum ada kejadian anak kost yang kehilangan nafas karena terlalu sering makan mie.

Cobain deh...

3. Keluar Masuk Kamar kost lain

Ritual yang ketiga ini sama pentingnya dengan kedua ritual yang diatas. Bahkan bisa dibilang ritual ini adalah ritual yang masuk penting bagi keberlangsungan hidup mereka yang ingin menjadi anak kost yang kuat. Pintar melihat setiap kesempatan apabila kamar temen itu memang menarik perhatian. Gue juga pernah share tentang "Jeli disetiap Kesempatan". 

Menarik disini bukan berarti melihat barang-barang yang mewah yang temen kita punya lhoo. Menarik disini adalah bagaimana temen kita memiliki ketersediaan logistik yang berlebih. Apapun macamnya yang penting bisa mengganjal perut yang sudah bernyanyi. Entah itu sampai siang, sore, ataupun sampai besok sekalipun.

Jadi, sering-sering "keluar masuk kamar temen mu yaa"

Ketiga ritual diatas barulah segelintir dari ritual-ritual anak kost yang lainnya. Yang namanya anak kost pasti punya lebih dari tiga ritual yang gue buat diatas. Dari ketiganya itu gue bisa menyambung hidup dikala krisis akhir bulan itu menerpa.

Jadi, jangan takut kelaparan saat jadi anak kost. Karena anak kost punya ritual khusus yang bisa bikin perut kenyang. Selamat mencoba.................

-Sekian-

0 comment: