May 17, 2014

Mari Membaca Buku

17 Mei ? Hari apa itu ? apa ada yang penting di tanggal itu ? Mungkin gak banyak yang tau kalau ternyata 17 Mei merupakan hari yang begitu penting bagi bangsa ini.

looh kok bisa penting ?

Penting karena tanggal 17 Mei ternyata merupakan hari Buku Nasional. Hari dimana bangsa ini bisa dibuat pintar oleh bacaan-bacaan yang ada didalam sebuah buku. Yang tentunya buku itu juga memiliki isi yang positif.
Sumber : imada.wordpress.com


"Kalo minat baca lo gimana nas ?" Kata salah satu temen gue

Gue cuma nyengir aja dapet pertanyaan kaya gitu. Nyengir kuda dengan deretan gigi yang super besar -,-

Masalah minat gue dalam membaca buku gue masih kurang. Karena kesadaran gue untuk membaca buku itu masih kurang. Mungkin karena beberapa faktor juga gue masih males dalam membaca buku.

Berikut adalah beberapa faktor yang menghalangi gue dalam membaca sebuah buku :

1. Malas

Faktor malas emang udah jadi hak pribadi di setiap orang. gak cuma dalam membaca buku, malas malah menghantui di semua hal. Malas memang musuh terbesar dalam hidup ini. Dari bangun tidur sampe merem lagi itu pasti males selalu aja "ngikutin" kemana kita pergi. Entah sejenis setan apa yang namanya "Males". Setan yang selalu menggelayut di gue untuk urung dalam melakukan sesuatu.

"Malas cuma bisa dilawan sama diri kita sendiri. Mau malas berarti dia mau tertinggal"

2. Bosan 

Untuk yang no 2 ini masih berkesinambungan dengan malas. Bosan sekarang sudah menjadi sahabat sejati dari malas. Disaat gue bosan pasti malas selalu hadir untuk menghipnotis gue supaya engga ngelakuin apa-apa. 

Dalam membaca buku titik bosan seseorang dilihat dari seberapa tangguh ia dalam menghadapi buku itu sendiri. Bosan dalam membaca buku adalah saat sudah merasa buku ini mulai tidak menarik untuk dibaca. Bosan bisa membuat gue kurang klimaks dalam membaca sebuah buku.

"Carilah buku yang menarik, yang mampu mengeluarkanmu dari zona yang membosankan"

kalau gue, dua hal diatas itu sangat-sangat menghalangi gue dalam membaca sebuah buku. Mungkin selain dua hal diatas itu adalagi faktor penghambat yang buat gue lupa untuk membaca buku "Kurang menarik". 

Memang salah satu yang membuat seseorang mau membaca adalah menarik. Hal yang pertama kali akan gue liat kalau mau beli buku itu pertama adalah liat judul buku. Sekiranya judul itu menarik gue bakal balik buku itu buat baca sinopsisnya. Kalau dari sinopsis udah bagus, gue yakin isi bukunya juga keren.
" Buku yang keren dimulai dari isi sinopsis yang keren juga"
Indonesia Membaca, Sumber : valianam2K.wordpress.com

Gue sebenernya juga baru hobi baca buku setelah merantau ini. Lumayan, buku bisa jadi teman disaat gue kesepian di ruangan petak yang cuma berhadapan antar tembok. Itung-itung temen kesepian juga gue sambil nambah ilmu. Ilmu yang belum tentu gue dapet dari dosen ataupun guru gue di kampus.
Sambil bengong gue harus baca minimal 1 buku. Daripada gak ada kerjaan yang gak jelas mending baca buku.

Di tanggal 17 Mei ini gue berharap untuk diri gue terutama bakal semakin giat dalam membaca buku. Semakin giat melawan "malas" dan "bosan. Gue juga pernah baca kalimat yang isinya "Bacalah buku, kelak kau akan melihat dunia yang lebih luas."

Dari buku, daya imajinasi gue bisa terasah. Walaupun gue belum pernah ke kutub selatan buat liat beruang-beruang yang warna bulunya putih tapi keliatan serem tapi dengan membaca buku tentang kutub selatan gue tau dan seolah pernah menginjakkan kaki dan memegang butiran salju khas kutub selatan.

Pokoknya, buku itu gerbang untuk kita melihat dunia luas deh. Dunia yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Selamat tanggal 17 Mei dan Selamat Hari Buku Nasional. Dengan adanya hari buku nasional semoga bangsa ini akan lebih maju satu langkah untuk dunia yang berada didepannya bukan berada dibelakangnya. Sama kaya gambar diatas mari wujudkan"Indonesia Membaca" mewujudkan Indonesia yang mau membuka dunia luas.

"Mulailah membaca buku dimulai dari diri sendiri"

"Jadikan bangsa ini bangsa yang mau untuk mau mencintai buku"


0 comment: