Feb 23, 2015

Waktu gue ketemu temen SD

"Mas, dani yah ?" Tanya gue pada seseorang yang berada di pinggiran trotoar.

"Iya bener, siapa yah ?" Jawab mas-mas di ujung trotoar itu.


"Gak inget gue mas ?" Lanjut gue.

"........." Sambil garuk-garuk trotoar mas-masnya.

"Masa sih gak inget gue ? kita temenan hampir 6 tahun loh dulu masa kecil" Dengan nada emosi pengen ikutan garuk trotoar.

"Nih, elo kenal nama gue gak mas ?" Sambil menunjukkan kartu tanda pengenal gue dengan foto super tampan di kartu itu.


"....................................................................." Hening beberapa saat sambil nuggu mas-mas itu pindai data diri gue.

"Anjrit, elo kok berubah sih ? dulu elo beda banget bro" Teriak mas-mas itu setelah kukunya di pedikur setelah garuk-garuk trotoar.

"Fak banget ini orang, udah inget bilang anjrit sama gue" Gerutu gue dalam hati.

"Yaelah, elo nih. Gue aja masih inget bro sama temen SD. Masa elo lupa sama gue" Sambung gue

"Sumpah gue lupa, elo berubah" Jawab dia dengan nada kaya ftv-ftv.

"Elo dimana sekarang bro ?"

"Gue disini aja bro nganggur nih, itung-itung cari rejeki di pinggir jalan".

Percakapan terus berlanjut sampai beberapa hari kemudian."Edisi berlebihan". Sampai akhirnya gue pamit untuk pulang karena waktu sudah menunjukkan pukul 22.00 WIB. Maklum, kata mamah perjaka gak boleh pulang lebih dari jam 10 malem. Kalau pulangnya lebih dari jam 10 malem nanti kegantengannya luntur. Kata mamah sih gitu.

Seneng sih ketemu temen lama. Temen SD yang notabene sekarang hampir 9 tahun engga ketemu. Memang ada temen-temen SD gue yang sering ketemu kumpul sampai buka bersama sampai sekarang. Tapi, temen yang ketemu gue dua hari yang lalu adalah temen yang bener-bener jarang ketemu semenjak kita memutuskan untuk berpisah setelah lulus sekolah. Gue gatau dia lanjut kemana, sedangkan temen-temen gue taunya gue melanjutkan menuntut ilmu ke negeri cina sebelah timur bandung. Dan yang paling gue inget, gue ketemu temen gue itu setelah ujian praktek pencak silat karena pas ujian sekolah gue engga satu ruangan sama temen gue itu.

9 tahun kemudian kita dipertemukan di pinggir jalan kota kelahiran. Walau pertamanya gue canggung buat nyapa. Gue juga sebenernya pertama kali ragu-ragu buat nyapa. Dengan keberanian penuh karena gue laki-laki sejati, akhirnya gue memberanikan diri untuk menyapa terlebih dahulu. Dan........ Terjadilah percakapan itu. Sebuah percakapan singkat antara teman lama yang memang sudah lama tidak bersua. Tapi gak sampe pelukan lama loh yah ...............................

Dari pengamatan gue, sekilas temen gue itu memang berubah. Baik secara internal maupun secara eksternal. Walaupun fisik engga sepenuhnya berbeda dari jaman SD. Yang paling gue inget dari temen gue ini adalah dia punya kembaran tapi cewek dan sama sekali engga mirip. Ynag bikin gue kaget ada sebuah percakapan tersembunyi antara gue dan si-temen gue itu adalah kalau kembarannya itu sudah menikah setelah lulus SMA.

Duaaaarrrr

Gue kaget denger kabar itu. Gue kaget ternyata temen gue sudah ada yang memutuskan untuk ber-rumah tangga setelah lulus sekolah menengah atas. Entah udah gak tahan atau ngebet pengen ngerasain malam pertama entah juga karena faktor lainnya sampai temen gue ini memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya.Padahal yang gue inget dulu, temen gue ini sering jadi bahan gue buat ceng-cengan -,-. Eeeh sekarang udah nikah duluan. Fak banget kan. Masa dia laku duluan dari pada gue.

Ternyata temen gue yang udah nikah juga lumayan banyak. Terutama temen SD. Dan temen-temen yang udah nikah itu kebanyakan ladies-nya. Kalau yang cowoknya sih gue belum denger ada temen gue yang nikah demi merasakan surga malam pertama (katanya). Dan temen-temen gue yang udah nikah itu ternyata adalah mereka (orang-orang) yang tertindas pada masa sebelu, jodha akbar menyerang. Mereka adalah orang tersakiti di masa SD. Dan sekarang ? Mereka udah lebih laku daripada gue dan temen-temen gue yang lain yang masih sibuk mencari ilmu dan mencari pendamping hidup yang sesunggnya.

Selain itu juga, gue liat temen gue ini kegiatannya cuma jadi pengangguran. Pernah gue tanya di percakapan itu dimana dia kerja. Dia bilang engga kerja. Gue tanya kenapa engga kuliah. Dia bilang engga ada biaya. Jadi, kerjaannya setiap malem cuma nongkrong-nongkrong gak jelas. Gue tanya juga kenapa engga kerja. Dia bilang cari kerja sekarang susah. Gue juga engga tau dia lulus sekolah menengah atas atau engga karena emang gue udah gatau kabar temen gue itu udah lama banget. Selain dia, gue juga pernah ketemu temen gue pas gue masih pake seragam putih abu-abu di salah satu fotokopi. Gue inget waktu itu gue baru naik kelas XI. Masih unyu-unyunya pengen belajar demi masa depan yang lebih baik. Sedangkan, temen gue yang ketemu sama gue itu sudah berusaha keras mencari rejeki yang tanpa gue tau alasan dia untuk berhenti sekolah. Waktu itu gue gak ngobrol banyak.

Bersyukur gue sampai sekarang ini masih bisa mengenyam pendidikan yang lebih layak. Walau nyokap gue nyekolahin anaknya dengan susah payah. Bahkan cenderung banting tulang demi anaknya agar menjadi seorang yang lebih berguna nantinya. Kalau kata nyokap sih "Kamu harus lebih sukses daripada mama".

Kalau inget kata-kata itu rasanya memutuskan niat gue buat kuliah macem-macem. Nyokap udah berjuang sedemikian rupa. Masa anaknya kuliah cuma main-main.

Balik lagi ke bersyukur tadi. Gue bersyukur masih bisa dapet fasilitas walau engga semewah mereka yang berada. Tapi ternyata dibawah gue ada yang kurang. Banyak temen-temen SD gue yang engga ngelanjutin sekolahnya karena keterbatasan biaya orang tuanya.

Setelah pertemuan itu, gue jadi makin mikir. Kesempatan yang gue peroleh sekarang mungkin tidak seberuntung orang lain. Mungkin gue selama merantau banyak ngerasain susahnya. Tapi, banyak yang lebih susah dari gue meski dia masih tinggal bareng sama orang tuanya. Bahkan punya nasib yang belum jelas mau dibawa ke arah mana dirinya. Setidaknya, gue sudah tau bakal dibawa kemana diri gue nantinya. Sedangkan mereka yang belum jelas mungkin masih harus berfikir jelas bagaimana caranya mereka melawan kerasnya dunia ini.

Suatu saat, gue pengen merasaka hadir di sebuah reuni yang sangat besar dimana setiap reuni itu akan ada setiap masa berdasarkan pendidikan yang pernah gue rasain didalamnya. Pasti banyak cerita menarik disana. Pasti juga banyak gue temuin mereka yang berbeda. Ah rindunya masa-masa itu. Masa sekolah.

0 comment: