Feb 6, 2015

Tentang Angkot

Sejenis mobil, memiliki empat roda bulat. Sama seperti jenis mobil lainnya. Yang membedakan hanyalah pintu yang kebanyak dimiliki hanya di samping kiri dari kendaraan. Yang berarti juga mobil ini hanya memiliki tiga pintu dengan banyak jendela yang memungkinkan meminimalisir penggunaan air conditioner  pada sebuh kendaraan. Angkot.

Menurut yang gue baca dari sumber terpercaya, om gugel. Angkot adalah sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.

Dari definisi angkot dari om gugel cabang om wiki, dapat digaris bawahi definisi terakhir bahwa angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja. Ini yang menjadikan angkot sangat berbeda dengan transportasi umum lainnya. Keren.

Ternyata, keistimewaan angkot ini banyak di salah gunakan oleh pengemudinya atau biasa disebut supir angkot di daerah gue. Mungkin semua daerah hampir sama. (Re: Supir angkot karena mengemudi angkot~). Beberapa hal ini sering gue rasain dari apa yang dilakukan supir angkot beserta angkot-angkotnya. Gue bahas di bawah ini yaa :)

1. Semaunya 

Kesan pertama yang dibuat oleh supir angkot adalah semaunya. Semaunya karena dalam berkendara dan mengemudi mereka itu seenak jidatnya sendiri. Misal, berhenti di sembarang tempat dan bahkan lebih parahnya lagi tanpa kasih isyarat ke kendaraan yang ada dibelakangnya kalau mau berhenti buat menurunkan atau menaikkan penumpang.

Kesan semaunya yang lain dari angkot dan supirnya adalah menentukan harga ataupun ongkos terhadap penumpang. Waktu BBM naik mereka dengan semangat menaikkan tarif angkutan tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu meski pemerintah belum mengumumkan kenaikan tarif angkutan. Sedangkan waktu BBM turun supir angkot susah banget yang namanya nurunin tarif yang sudah naik. Alasannya sederhana, kurang setoran. Jadi ?

2. Semrawut

Kesan pertama yang ditimbulkan oleh angkot adalah semaunya. Kesan selanjutnya yang muncul dari semaunya itu adalah ke-semrawutan. Loh kok bisa sih dari semaunya jadi semrawut ? gini alasannya. 

Kehadiran angkot dan semakin bertambahnya populasi angkot di setiap kota khususnya kota kelahiran gue ternyata semakin menambah semrawut kota. Banyangin aja banyak angkot yang narik engga sesuai dengan trayeknya (Re: Trayek adalah rute untuk pelayanan jasa). Ada angkot yang harusnya cuma ngambil dua trayek jadinya malah empat trayek, ada juga yang harusnya ngambil trayek dari bumi ke pluto PP malah membelok dengan mengambil trayek bumi - saturnus - jupiter - Pluto PP.

Kalau udah semrawut karena gak ikutin aturan kan jadi bikin kota semakin berantakan. Selain itu juga, para member angkot ini akan merasa kecewa karena trayek yang seharusnya menuju ke lokasi yang sudah ditentukan malah berubah trayek atau berbelok trayek yang lagi-lagi alasannya, kurang setoran.

3. Sumber Emosi
huft, rasanya dua poin diatas sudah cukup menggambarkan bagaimana angkot dan supirnya itu. Dua poin diatas membuktikan bahwa apa yang gue alamin dengan angkot adalah sumber dari segala emosi. Bayangin aja, disaat gue lagi buru-buru karena pengen boker pas lagi bawa motor tiba-tiba dikagetin dengan angkot yang tiba-tiba nyalip dari belakang terus motong jalan gue hanya untuk berhenti menurunkan penumpang. Dan bukan beliau yang minta maaf malah gue yang dimarahin sama sang supir angkot. Kan bego. Gak peka banget sih supir angkot itu, gatau apa orang lagi buru-buru pengen boker malah di marahin. huft.

Yang kedua adalah gue sering emosi kalau liat angkot itu ngetem atau nunggu penumpang terlalu lama. Gue pernah pas jaman sekolahh dulu naik angkot dengan air conditioner alami yang bikin suasana makin adem sambil kipas-kipas nunggu di angkot. Hampir dua jam gue turutin abang-abang supir angkot yang gue fikir waktu itu beliau sedang menanti jodohnya datang. Tapi meleset. Karena abangnya angkotnya lagi nunggu penumpang. katanya, kurang setoran. 
Buseeet gue udah kaya kepanggang didalem angkot dan udah penuh masih dibilang penumpangnya kurang. Yakali bang, emang gue barbeque apa mesti di panggang dulu. Duuh abang gak peka deh~.

Nah tiga poin diatas adalah resume gue selama hidup di kota yang paling banyak angkotnya. Bersyukur gue sekarang merantau di kota yang tidak ada angkotnya. Yang artinya adalah phobia gue terhadap angkot sedikit demi sedikit mulai berkurang. Walaupun pas pulang bakal ketemu angkot yang menurut gue makin banyak aja angka kelahirannya. Harusnya, buka cuma orang aja yang dibikinin program keluarga berencana. Angkot pun harus punya Keluarga Berencana Untuk Angkot. Ide gue bagus kan ?. Share aja pengalaman kamu bareng angkot disini. semoga 

0 comment: