Apr 28, 2014

Merantau....

Merantau ? apa hal yang difikirkan saat pertama kali mendengar kata "Merantau" ? Mungkin buat sebagian anak muda yang baru aja lulus SMA masih menjadi hal yang tabu untuk menantang makna dari merantau. Itu juga hal yang pertama gue fikirin kalau ada kakak kelas yang selalu bilang "Merantau".

Hidup sendiri, jauh dari orang tua, engga ada saudara. Pokoknya hidup serba dilakuin sendiri tanpa bantuan orang lain. Terlihat rumit deh hidup merantau itu. Orang tua juga cuma mensupport doa dari jauh. Mensupport bukan hanya dengan lancarnya uang bulanan tapi juga melalui doa agar anaknya nan jauh disana bisa sukses sesuai dengan keinginan mereka.

Pertama kali merantau buat gue sulit banget. Kenapa sulit ? karena, jujur aja gue dirumah serba dilakuin sama orang lain. Dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi hampir sebagian hal itu diwakili oleh orang lain.

Kerasa banget bedanya pas pertama gue mulai ngerantau. Dengan uang yang udah ditentuin oleh orang tua, gue dituntut untuk bisa mengatur keuangan itu sendiri selama sebulan penuh. Selain itu juga, gue harus terbiasa bangun dengan waktu yang sama demi kuliah supaya gak telat. Kalo telat bangun ? tidur lagi aja wkwk. Biasanya sih ada yang suka ngomel kalau gue bangun setelah ayam berkokok. Tapi sekarang harus bangun sendiri tanpa ada yang ngomel-ngomel. Awalnya gue belum bisa menyesuaikan akan hal itu. Bangun kesiangan, sholat subuh sering lewat. Bahkan kadang gak mandi sebelum kuliah kalau kesiangan -,-

Soal makan dan nyuci juga mulai kerasa hal berbeda. Emang sih ada yang instan untuk cuci dan makan. Nyuci baju bisa di laundry, urusan makan juga banyak yang jual. Tapi hal itu baru terasa kalau uang bulanan itu udah sangat menipis. Nyuci baju harus sendiri, makan juga kadang harus beli telur, nasi, atau lauk yang lainnya untuk bertahan hidup.

Tapi, lama kelamaan gue mulai terbiasa akan hal itu. Seiring berjalannya waktu, gue bisa memaknai sendiri arti merantau itu dengan penuh kebahagiaan. Banyak hal yang bisa diambil dari hidup merantau.

Gue mulai ngerasain gimana enaknya merantau setelah gue keluar dari zona nyaman.  "Keluar dari zona nyaman. Rasain gimana sensasinya. Jangan betah ada di zona nyaman" 


Buat gue, tetep berada di zona nyaman itu sama aja kaya seorang raja yang terlelap dengan bergelimangnya harta. Jadi, mulailah untuk mencari zona ketidaknyamanan-mu dibalik zona yang sangat nyaman bagimu

Carilah warna lain dalam hidup. Kalau biasa hidup dimanja, biasakan untuk mulai menghilangkan kemanjaan itu. Kalau biasa untuk hidup serba ada, belajarlah untuk menghemat apa yang dimiliki saat ini.

Bagi gue prinsip yang penting itu adalah prinsip yang sering dicuapkan oleh orang banyak, yaitu hidup itu mesti besok bagaimana bukan hidup yang bagaimana besok. Hidup merantau yang mikir bagaimana besok itu sering buat gue terlena kalau udah dapet kiriman bulanan contohnya. Gak pernah ada fikiran untuk hidup berhemat. Padahal gue belum tau akan ada hal apa yang terjadi di esok harinya.

Ternyata, merantau juga bisa buat gue temuin gimana diri gue. Ternyata merantau dapat membentuk karakter seseorang kalau merantau nya itu tanpa keterpaksaan.

Selain itu juga gue punya banyak temen di daerah rantau. Dari nama daerah yang sebelumnya belum gue tau ataupun gue denger sampe nama daerah yang cuma bisa gue liat di tv ataupun di peta pas jaman sd belajar geografi. Hampir seluruh Indonesia ada disini, di dunia rantau ini. Dari sabang sampai merauke.

Menurut gue juga merantau itu bisa buat gue belajar. Yaa, belajar untuk memahami perbedaan karakter. Dari perbedaan karakter itulah yang berhubungan dalam pembuatan karakter dalam diri gue sendiri. 

Emang sih hidup gue di perantauan belum seberapa. Bahkan lebih kecil dari biji jagung, belum ada apa-apanya. Tapi, udah banyak hal yang gue dapet selama gue merantau. Banyak ilmu yang gak pernah gue dapet selama gue hidup di dunia nya gue dulu tapi sekarang gue bisa dapetin sewaktu di dunia perantauan.

Selagi merantau perbanyaklah ilmu. Carilah relasi sebanyak mungkin. Relasi yang bisa bawa gue ke masa depan yang sukses nantinya. Sekian

2 comment:

Kresnoadi DH said...

Yosh. Keluar dari zona nyaman itu penting banget bagi manusia. Lagi nulis naskah tentang ini nih. Doain mudah-mudahan bisa naik cetak yaa. \:D/

Daaaaan, salam kenal ya, gue Adi. Kayaknya baru pertama main ke blog ini. Hehe.

Nasuha Ali Sobari said...

Mari menulis