Jun 5, 2015

Mengingat Masa Kecil

Engga kerasa sebentar lagi udah masuk bulan ramadhan. Bulan dimana banyak tukang es buah menunjukkan taringnya sebagai salah satu cara untuk melepaskan dahaga. Karena bulan ramadhan cuma boleh melepaskan dahaga dengan yang manis-manis. Kalau yang lain gaboleh, nanti batal. Kalau menjelang puasa kaya gini udah banyak iklan-iklan sirup berwarna bermunculan di layar televisi. Dari yang rasa jeruk sampe rasa es blewah. Enaknya......

Untung gue nulis ini belum masuk bulan puasa. Kalau engga gue bakal langsung pergi ke warteg untuk menenggak segelas teh yang paling manis dengan es batu impor dari kali sebelah. Kan batal.....

Bicara soal puasa, gue jadi keinget kebiasaan sebelum merantau disini. Dan kebiasaan itulah yang sampe sekarang bikin gue kangen dan ingin terus mengulangnya. Masalahnya sekarang cuma 1. Umur semakin bertambah (tua). Gak semua kenangan masa kecil itu bisa gue lakuin lagi di usia yang semakin uzur sekarang. Dan (mungkin) kebiasaan ini cuma ada di masa gue masih imut-imut sebelum berkembang menjadi amit-amit. Dan kebiasaan-kebiasaan itu adalah:

1. Pesantren Kilat

Kilat bukan berarti petir yang menggelegar kencang saat cuaca akan hujan. Kilat disini diartikan cepat. Secepat kiriman paket yang bisa sehari sampe ditujuan. Kilat berarti membutuhkan waktu yang singkat. Karena pesantren kilat beda sama pesantren kaya biasanya.

Di pesantren kilat ini, gue diajarkan berbagai macam pengetahuan tentang islam, belajar tentang sejarah nabi dari dia belum lahir sampe dia meninggal, atau juga diajarin sejarah-sejarah berdirinya wilayah islam. Kalau belajar sejarah ini gue kurang suka. Sejarah mengajarkan kita untuk mengingat masa lalu. Dan mengingat masa lalu kata mamah itu gabaik. Mending liat masa depan yang lebih indah. Ceileeeh. 

2. Buka Puasa Bersama

Gue kurang mengerti gimana awal mula adanya buka puasa bersama ini. Yang gue inget adalah gue mulai melakukan tradisi buka puasa bersama ini saat gue masuk ke SMA. Banyak dari temen-temen gue yang hobinya ngajak buka puasa bersama. Bahkan buka puasa itu udah jadi agenda rutin. Apalagi udah pada misah kaya gini.Agenda buka puasa adalah agenda yang paling wajib dilakukan. Dari mulai buka puasa bareng-bareng temen SD, SMP, SMA, bahkan sampe ke temen-temen kuliah walau gue belum jadi alumninya.

Yang gue kangenin dari buka puasa bersama ini adalah kebersamaannya yang sekarang udah mulai pudar. Ada beberapa faktor yang buat kebersamaan buka puasa ini jadi kurang khidmat. Terbatasnya dan berbedanya waktu yang dimiliki adalah faktor utamanya. Banyak yang engga bisa ikut karena udah punya kesibukan masing-masing. Dan yang kedua adalah faktor yang kekinian banget. Yaps, masalah gadget. Karena buka puasa bersama adalah salah satu cara agar kita bisa berkumpul. Bukannya berkumpul itu saling bertukar cerita malah sibuk sama gadget canggihnya masing-masing.

3. Main Jeblugan

Jeblugan bagi sebagian orang sangat asing. Karena bahasa jeblugan  ini se-sotoyan gue berasal dari daerah gue berasal. Jeblugan adalah salah satu permainan seperti meriam yang terbuat dari bambu yang sudah dilubangi sebelumnya dan berfungsi sebagai tempat penampungan minyak tanah.

Gue main jeblugan udah dari gue kecil. Dari jaman SD. Maklum gue dulu lama tinggal di kampung. Jadi, gue dulu belum main gadget kaya sekarang. Belum juga gue main twitter atau path yang sebelum main update dulu. Biasanya, gue main jeblugan ini setelah asar sampai menjelang magrib. Entah apa maksudnya mainan  kaya gini. Tapi itu jadi mainan yang paling seru. Kaya mau perang lawan compeni belanda yang siap di meriam. Bahkan siap bikin jantungan warga sekitar.

3 hal diatas adalah tiga hal yang mungkin sering dirasakan oleh manusia-manusia seumuran gue atau bahkan diatas gue. Mungkin tradisi yang kedua masih ada sampai sekarang. Entah untuk nomor satu masih ada atau engga. Karena yang gue liat sekarang anak-anak lebih suka nongkrong didepan playstationnya atau di depan epad nya buat main angry bird atau pes buat nunggu adzan magrib tanda buka puasa daripada nongkrong di mushola atau mesjid lari-lari bareng temen sebaya. Bahkan permainan tradisional kaya nomor tiga udah bisa dibilang musnah. Mungkin ada tapi kaya upil. Kecil-kecil engga nampak. Permainan tradisional seolah ditelah bumi dan menghilang entah kemana. Permainan tradisional seolah digantikan oleh permainan digital yang diciptakan oleh orang-orang pintar. Masih banyak sebenernya permainan tradisional yang udah pernah gue rasain. Indah rasanya kalau pernah ngerasain permainan-permainan tradisional itu. Beda adrenalinnya sama permainan yang ada di jaman sekarang. Ah, gue jadi kangen masa itu. Pengen rasanya mengenang masa kecil yang mungkin lebih indah daripada masa kecil anak jaman sekarang.   

0 comment: