Nov 7, 2018

Membuka Gerbang Baru Banten: Memaksimalkan Promosi Banten di Era Digital Melalui Pengembangan Sektor Pariwisata Banten



Sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah. Selain sebagai sumber pendapatan asli daerah, pengembangan sektor pariwisata juga dapat menjadi langkah awal menatap masa depan yang serba digital. Tidak terkecuali dengan Provinsi Banten, yang saat ini salah satu wilayahnya, yaitu; Tanjung Lesung yang masuk ke dalam 10 Bali baru yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata.
Sebagai provinsi yang baru terbentuk pada 17 Oktober 2000 (Sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2000), Provinsi Banten terus berbenah untuk menghadapi dan membuka gerbang pada masa depan. Hari ini, Banten masih terus berbenah menuju ke arah yang lebih baik. Terus memperbaiki berbagai macam sektor yang tidak terkecuali sektor pariwisata. Mengembangkan dan memperbaiki sektor pariwisata tentu akan menjadi langkah awal untuk Provinsi Banten yang sedang berkembang dan akan semakin di kenal. Karena, Banten memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dengan wilayah-wilayah pariwisata lainnya yang ada di Indonesia. Banten memiliki Banten 7 Wonders demi tercapainya cita-cita Banten menjadi wilayah pariwisata yang wajib untuk dikunjungi para wisatawan baik domestic maupun mancanegara.
Perlu adanya sinergitas antara Pemerintah Provinsi Banten, pelaku pariwisata di Banten, dan masyarakat Banten yang harus mau untuk melek digital untuk saling mendukung Provinsi Banten menjadi salah satu provinsi yang layak untuk diperhitungkan pada sektor pariwisata. Sinergitas ini juga dapat mewujudkan program-program Pemerintah Provinsi Banten yang sudah mulai berani dan keluar dari comfort zone untuk mem-branding Banten.
Banten 7 Wonders menjadi langkah awal Banten untuk memetakan potensi pariwisata sekaligus membagi rata wilayah tersebut untuk persebaran wisatawan. Adapun wilayah yang termasuk ke dalam Banten 7 Wonders antara lain: Sungai Cisadane, Kawasan Banten Lama, Pantai Anyer – Carita, Taman Nasional Ujung Kulon, Masyarakat Adat Baduy, Pantai Sawarna, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.
Pemanfaatan pola promosi melalui Banten 7 Wonders tentu akan menjadi kabar baik bagi Pariwisata Banten di masa mendatang. Perpaduan antara kebudayaan yang ada di masyarakat dan pola pariwisata kekinian diharapkan dapat menjadi sinergi satu sama lain. Adanya keselarasan antara wilayah industry dan pariwisata tentu akan semakin membuka pintu gerbang lainnya untuk menarik investor yang akan membuat Banten semakin berkembang kedepannya.
Pola promosi yang dibutuhkan oleh Provinsi Banten saat ini adalah terus memadukan Integrated Marketing Communication 4.0 dengan inovasi-inovasi terbarukan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Banten. Juga menjalin kerjasama baik antarta komunitas-komunitas atau pegiat wisata yang ada di Banten yang dapat membuat publikasi terkait Banten agar semakin dikenal oleh dunia luar melalui Platform Social Media yang ada. Juga menjalin kerjasama dengan Local Wisdom yang berada di sekitar wilayah pariwisata agar mendukung dan mempromosikan potensi yang ada di sekitar wilayahnya.
Selain itu, Banten  memiliki culture keagamaan  yang cukup  kental.  Terutama  dengan  hadirnya wisata ziarah yang ada di Banten. Kawasan Banten Lama, Kawasan ziarah yang tersebar hampir di seluruh wilayah Banten membuat branding akan Banten sebagai tempat untuk melakukan ziarah sangat kental. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk terus membuka jalan bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Banten. Menghilangkan kesan mistis yang melekat di sekitar wilayah Banten juga harus mulai dilakukan.
Untuk itu perlu adanya peran dari berbagai pihak untuk mendukung Provinsi Banten menjadi salah satu destinasi yang berbudaya, beragama, dan berakhlak mulia, dengan akulturasi budaya yang ada sebagai gerbang baru untuk masuknya wisatawan dari Ibu Kota Jakarta maupun dari Pulau Sumatera.
Sebagai bentuk pemaksimalan akan promosi pariwisata di Banten saat era digital kekinian; Banten harus segera membuka diri dan siap akan segala hal terkait materi promosi dan perkembangan kedepannya. Pemanfaatan social media sebagai bentuk branding konten, pemanfaatan artikel melalui website-website yang di miliki pemerintah, hingga Hard Promotion yang menjadi mix bagi promosi pariwisata Provinsi Banten.
Pemanfaatan dan penambahan event-event yang ada di Banten juga harus memiliki sebuah value yang kuat untuk mendukung perkembangan pariwisata Banten. Misal, sebuah event diadakan di sebuah wilayah yang kuat akan kebudayaannya. Memadukan event-event fashion show di wilayah tersebut dan memperkenalkan kostum khas yang ada di Banten, menjual panganan khas Banten, dan juga cinderamata yang berasal dari kebudayaan yang ada di Banten.
Dengan contoh diatas, selain akan menarik wisatawan yang datang ke Banten, peluang masyarakt sekitar sebagai peluang ekonomi juga akan semakin kuat. Mendorong kemajuan ekonomi masyarakat yang ada di sekitar tempat wisata maupun event yang akan di selenggarakan. Selain itu, perlu adanya peningkatan dan awareness bagi masyrakat Banten untuk terus meningkatkan kreatifitas dan melestarikan kebudayaan yang ada di Banten.
Banten harus mau maju untuk sektor pariwisata. Yang kelak akan menjadi daya tarik bagi wisatawan local maupun mancanegara yang tentunya di dukung oleh berbagai pihak dan sektor. Banten harus mau membuka jalan untuk perkembangan pariwisata di Era Digital saat ini. Karena setiap informasi akan dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Perpaduan kebudayaan tradisional yang dimiliki Banten dan juga kecepatan teknologi sekarang ini juga sangat diperlukan. Pengembangan destinasi pariwisata baru juga harus dilakukan secara continu agar Banten memiliki banyak destinasi pariwisata yang beragam sehingga dapat menjadi pilihan bagi wisatawan saat akan berkunjung dan berlibur ke Banten. Maju terus Bantenku, Maju terus pariwisata Banten.

0 comment: