Feb 24, 2014

Sosial Media ( Twitter )

Sebelumnya tulisan ini pernah gue post di blog yang satunya. Di post ini gue cuma nambahin gak banyak. karena menurut gue kalau udah masalah sosial media itu engga ada habisnya, apalagi soal twitter. Hampir kebanyakan orang udah tau sosial media yang satu ini. Gue dapet ide buat nambahin tulisan ini pas lagi ngelamun di tempat paling favorit buat menyendiri. Yaap, JAMBAN.


Perkembangan teknologi sekarang emang gak ada abisnya. Terutama di dunia yang mengandalkan kecepatan berselancar. Berbagai macam alat pendukung dalam berselancar mulai dikenalkan kepada publik. Dari mulai banyak dikeluarkannya produk-produk nyata maupun hanya sebagai aplikasi pendukung. Banyak nya perusahaan yang bergerak cepat dalam perkembangan teknologi khususnya pada smartphone inilah yang membuat perkembangan ini semakin pesat. Dengan menggunakan alat komunikasi yang super canggih, gue bisa berselancar dari satu penjuru dunia ke penjuru lainnya. Keren gak pembukaan gue diatas ? udah kaya bahasa orang-orang intelek kan ? muehehe ( gaya ketawa alay era 2013an.

Dengan smartphone yang gue punya,gue bisa tau orang-orang yang tadi nya engga gue tau, gue bisa belajar bahasa yang paling aneh buat telinga gue, gue bisa lakuin hal yang gue mau, kapanpun dan dimanapun. Selain itu, smartphone juga udah jadi hidup kedua buat gue. Kenapa gue bilang gitu ? karena hampir setiap yang gue lakuin udah pasti berhubungan sama si alat super canggih itu. Dari mulai bangun tidur sampe tidur lagi, dari mulai matahari terbit sampe terbenam lagi, bahkan gue lagi bo**er pun tetep bawa smartphone (hehe).

Dibalik adanya alat komunikasi yang super canggih itu, ternyata di masukin beberapa aplikasi pendukung yang bisa dibilang canggih juga. Kamera dengan resolusi cukup oke bisa buat gue ngeluarin gaya apa aja. Udah foto-foto terus di upload ke sosial media yang di punya alat yang canggih banget itu. Ada Facebook, Twitter, Instagram, sampe sekarang itu ada path. Semua itu udah gue jelasin di tulisan gue yang pertama tentang “sosial media”. Mungkin buat mereka yang bener-bener udah gunain alat pintar itu mungkin udah semua aplikasi ada di dalemnya. Kalo gue gunain path, gue bisa gunain aplikasi itu buat check in dimanapun. Sebelum ada path, dulu itu yang gue tau ada foursquare. Tapi, sekarang forsquare udah kalah pamor. Path udah selangkah lebih maju ketimbang forsquare. Path udah bisa upload foto sekaligus ngasih tau dimana lokasi foto itu diambil. Selain itu, path juga bisa ngasih tau ke dunia apa yang gue tonton, gue dengerin, ataupun apa yang gue baca. Beda kaya forsquare yang cuma bisa update lokasi ataupun upload foto. Lupain soal path, sekarang gue mau bahas masalah twitter.

Jaman sekarang siapa sih yang gak tau TWITTER ?. Kayanya hampir semua orang tau twitter deh. Mulai dari anak yang masih pake topi merah sampe orang yang udah berubah warna rambut tau apa itu twitter. Twitter juga bukan cuma dipake sama orang kota dan gak juga dipake buat orang kaya. Yaa intinya twitter itu buat siapa aja deh. Hampir setiap orang pake twitter. Dari akun pribadi sampe akun yang dibayar demi nge-tweet. Ada akun berita, akun misteri, akun komedi, sampe akun yang nge jelek-jelekin agama pun ada.

Dari tweet yang emang buat konsumsi pribadi, tweet nyantai, tweet galau, sampe tweet yang buat nyindir-nyindir juga ada. Semua hal emang bisa dilakuin di twitter.Sampai ada satu kata yang sering muncul yaitu STALKER. STALKER adalah bahasa yang dimunculkan oleh para pengguna twitter. Kata itu gue cari di KBBI, dan hasilnya gak pasti. Banyak dari kamus yang gue baca itu kasih arti yang PHP.
Sumber : cekingers.blogspot.com

Bagi mereka yang dianggap memiliki pengikut paling banyak, ataupun sering nge-tweet bijak itu biasa di sebut seleb tweet. Seleb tweet itu adalah seseorang yang memiliki jumlah followers yang sampe ratusan ribu atau dia punya retweetan yang paling banyak (sotau yah gue). Selain itu juga, selebtweet itu juga merupakan penghasil retweetan. Selebtweet juga dibagi dua : ada yang suka nge-tweet GALAU, ada juga selebtweet yang suka ngasih MOTIVASI HIDUP. Pokoknya semua hal bisa dilakuin deh di twitter. Tapi, yang gue bingung itu kenapa sih ada yang pake twitter itu sebagai tempat nyindir orang ?. Padahal yang main sindir-sindiran itu belum tentu udah saling mengenal ataupun udah saling ketemu.


Dan yang gue bingungin lagi itu kenapa waktu mereka dipertemukan itu kaya gak saling kenal, saran gue sih mending jadian aja hehe. Naah kategori ini nih yang buat STALKER itu mencuat ke permukaan bumi. Cause, jadi orang yang suka stalker itu sebenernya gak enak. Kenapa gak enak ? karena eh karena kalo gue buat tweet yang sebenernya tidak ditujukan pada seseorang akan berbeda arti apabila dilihat oleh para Stalker mania. Kalau di facebook itu gue lebih ngenal Like, naah kalau di twitter itu dikenal retweet (biasanya di singkat RT). Kenapa gitu gak sekalian yah dibikin RW, lurah, atau sejenisnya. Biar twitter itu jadi media yang unik dan beda dari yang lain.

Selain sebagai ajang media sindir antar pribadi, sekarang twitter juga efektif banget buat nyindir pemerintah ataupun nyindir tentang agama lainnya. Kalau nyindir antar personal sih udah terlalu mainstream menurut gue. Gue pernah nemuni tuh salah satu akun yang isi tweetnya itu tentang paham yang diajarin di agama gue. Tapi setelah gue kepoin itu yaa ajarannya banyak yang melenceng. Gue sempet bingung, motif apasih yang mereka pake itu. Sampe mereka mau buat pecah negeri ini. Sampe mereka bikin akun anonim. Padahal kan ibu pertiwi mengajarkan kita buat hidup rukun antar umat beragama. Di pancasila aja udah ada di sila ke 3. PERSATUAN INDONESIA. jadi, kenapa mesti ada perpecahan ? (coba kita renungin)

Sekarang juga lagi nge trend tuh akun yang nge bongkar semua hal tentang pemerintah. Gue juga pernah buka salah satu akun yang bahas tentang itu. Menurut gue itu emang sih mereka berani lawan pemerintah. Tapi, menurut gue juga semua tweet yang dibuat itu belum tentu ada benernya. So, be an intelligent people. Selain sebagai media untuk menambah pertemanan, twitter sekarang dibuat untuk para galauers. Dimana mereka bisa menumpahkan seluruh isi hatinya di twitter. Dari yang galaunya super bijak sampe galaunya yang bener-bener dibilang sampah juga ada. Gue pernah baca salah satu tweet yang isinya “Kali aja kamu kangen gitu atau Tuhan semoga malam ini turun bidadari dari surga.” Emang dikira twitter tempat berdoa apa yah duuuh. Berdoa itu yah cukup diri sendiri dan tuhan aja yang tau.

Emang sih twitter itu ngasih tampat paling nyaman banget buat para penggunanya. Dikasih kebebasan buat share apapun, sampe yang waktu itu gue liat di dunia nyata gue kasih tau di twitter. Sampe gue rela ngabisin waktu menggunakan kedua jempol gue untuk goyang di layar HP demi twitter. Hampir lupa nih, kalo di twitter juga bisa masang foto gitu. Namanya avatar atau disingkat ava (dikira kartun apa). Berbagai macam gaya dan hal terbaru di jadiin ava. Dari yang senyum biasa sampe ada yang jari telunjuknya di depan mulut sambil bibirnya manyun.

Emang kalau bahas media sosial itu gapernah ada abisnya yah. Sama kaya ngikutin teknologi yang kalau ada yang baru yang lama ditinggalin, kalau ada yang lebih canggih yang jadul dibuang. Banyak hal yang bisa gue lakuin di twitter.

Banyak hal positif yang bisa diambil dari selama gue main twitter. Gak banyak juga hal negatif yang twitter kasih buat gue. Pintar-pintarnya gue aja buat ngambil sisi positifnya sama jauhin sisi negatifnya. Biar gue gak gampang terbawa arus. Naaah, gak semua hal di twitter itu jelek, dan gak semua hal yang ada di twitter juga berdampak baik. Tinggal bagaimana penggunanya yang memilih twitter itu mau jadi kaya gimana. Ceileeeh

1 comment:

mahfud episode said...

mantap broooo...bungkus