Apr 7, 2014

UN....

Halo selamat pagi selamat hari senin. Bagi sebagian orang hari senin merupakan hari yang tidak ditunggu. Sebagian orang juga ada yang menunggu hari ini.

Mungkin pagi para pelajar dan pekerja hari senin yang bisa diartikan MONDAY sering disebut Monster Day. Gue juga bingung kenapa bisa ada monsternya. Padahal kan senin sama kaya hari-hari yang lain. Tapi kebanyakan orang senin jadi hari yang paling menakutkan, membuat malas dan lain sebagainya.

Jaman sekolah dulu, gue juga paling males ketemu sama yang namanya senin. Males karena harus panas-panasan berjam-jam demi upacara bendera di lapangan yang tandus. Selain itu juga, jadwal di hari senin itu selalu gak pernah enak.

Buat para pekerja kantoran juga pasti bikin males. Setelah menikmati weekend yang terasa panjang bersama teman ataupun keluarga, rasanya kurang pas kalo harus udah nikmatin akhir minggu. Mereka harus siap ke kantor di hari senin dengan berbagai macam pekerjaan yang menumpuk.

Cukup kayanya basa basi nya. Kalo gue inget pas jamannya sekolah itu rasanya nostalgia banget. Apalagi bulan ini adalah bulan yang paling menentukan buat para anak sekolah khususnya anak SMA.

7 hari lagi mereka akan melakukan perang. Ceileeh perang kaya jaman kemerdekaan aja. Anak SMA 7 hari lagi sudah perang dengan soal. Yap, mereka akan menghadapi Ujian Nasional. Salah satu tolak ukur kelulusan dalam pendidikan di negeri kita.

Gue disini punya beberapa TIPS yang pernah gue rasain dulu untuk menghadapi UN. Beberapa hal Ritual yang pernah gue lakuin bareng temen-temen gue :

1. BELAJAR BARENG

Belajar bareng dengan temen sekelas mungkin bisa dilakuin sebelum hari H UN. Biasanya gue sama temen-temen gue belajar bareng di kelas. Hal ini juga bisa menumbuhkan kekompakan sama temen sekelas lainnya. Usahakan belajar dengan yang pintar. Kalo kalian sama-sama gak ngerti ngerjain soal gak bakal ketemu hasil nya.
2.BERDOA

Biasakan mendekatkan diri dengan Tuhan. Selalu memanjatkan doa sesuai dengan ajaran agama kalian. Berdoa bukan pada saat ada keinginan saja, tapi setiap hari harus berdoa. Selain itu, mintalah restu kepada kedua orang tua. Karena ada hadist yang menyebutkan bahwa Ridha Allah adalah Ridha Orang Tua. Dan gue ngerasain hal itu sampe sekarang. Jangan minta doa ke dukun yaah. Kalo minta doa ke pacar sih boleh

3.PERBANYAK LATIHAN SOAL

Belajar gak selalu di sekolah. Belajar juga bisa dirumah. Usahakan untuk menggunakan waktu kosong untuk hal-hal yang positif. Untuk kalian yang mau UN gunakan waktu kosong untuk mengerjakan latihan soal-soal dari tahun sebelumnya. Dijamin deh gak akan kaget kalau ketemu soal yang berbeda karena sudah menguasai konsepnya. Jangan sampe kaya gue dulu jaman SMA. Yang cuma ngabisin waktu buat main dan tidur. Akhirnya nilai Try out gue ancur semua. Setelah itu gue gamau nilai UN gue juga ancur. Dan hal ini gue alamin di nilai UN matematika gue yang nilainya gak nyentuh nilah 4.

4.PERCAYA DIRI
 Percaya diri emang penting buat setiap hal. Percaya diri sebelum masuk kelas dan tetep yakin kalau bisa ngerjain soal-soalnya. Pas pengawas ngasih lembar soal usahakan berdoa dulu sebelum membukanya. Setelah dibuka pastiin tetep cool saat udah membuka soal. Kalau nemuin soal yang susah juga harus tetep cool karena kalau pas lo liat soal nya susah terus panik itu bakal mempengaruhi ke soal berikutnya. Bahkan bisa sampe blank. Usahakan juga semua soal itu dikerjain sendiri dengan apa yang lo mampu. Pede dengan jawaban yang udah di dapet juga harus dilakuin. 

Oke, 4 hal itu yang waktu itu juga gue alamin pas mendekati atau pada saat UN. 4 hal diatas menurut gue paling penting dan wajib untuk dilakukan. So, lulus itu kebanggan buat diri sendiri dan buat orang tua lo. Apalagi lo lulus dengan hasil kerja keras lo sendiri. Karena, kerja keras maksimal tidak akan membohongi hasil. Sekian

0 comment: