May 18, 2014

Review : Kampung Komunikasi 2014

10 tahun sudah Prodi Ilmu Komunikasi uii telah berdiri. Berawal dari tahun 2004 dimana prodi komunikasi UII mulai membuka jalan untuk para calon mahasiswanya yang sangat ingin mengejar passion di ilmu komunikasi.

Tak terasa usia prodi ini telah menginjak 10 tahun. Usia yang dinilai masih sangat muda dalam hal apapun. Usia boleh muda. Tapi, kualitas dan kuantitas prodi ini tak kalah hebat dengan prodi yang sama di fakultas lainnya. Ha ini didukung oleh beberapa faktor penunjang yang membuat prodi ilmu komunikasi UII semakin memperoleh hati di para pencari "passion" ilmu komunikasi. Bagaimana tidak, prodi ini berkembang dengan pesat di usianya yang baru menginjak 10 tahun. Ibarat manusia baru menginjak pada tahap tingkatan pertama.

Untuk memperingati hari jadi yang ke 10 tahun prodi ini. Segenap mahasiswa/i di prodi ini memiliki beberapa konsep acara untuk memperingatinya. Tercetuslah ide untuk mengadakan acara "Kampung Komunikasi 2014" dengan tema "When Communication Meet Technology"

Kampung Komunikasi 2014 merupakan serangkaian acara selama 7 hari penuh dengan berbagai macam kegiatan disana. Dimulai dari bazar, lomba-lomba antar pelajar dan mahasiswa se Indonesia dan Temu Kangen Ilmu Komunikasi UII yang dihadiri oleh angkatan 2004 - 2013 hingga acara puncak dari Kampung Komunikasi itu sendiri yang diberi nama " Dreamland an unfogettable night" dengan mengundang beberapa bintang tamu seperti : DJ Munhans & Live Percussion Art Ria Artha, Sakarepe Band, Archiblues, Batiga, dan bintang tamu utama yaitu Raisa.
Sumber : @kakom2014

Acara hari pertama pada tanggal 12 Mei yang dibuka dengan bazar kampung komunikasi dan beberapa lomba yang dilaksanakan pada hari itu. Pembukaan hari pertama menurut gue keren.

Bazar Kampung Komunikasi 2014
Beberapa hari bazar ini terus berjalan dan lomba juga masih tetap berjalan. Beberapa kategori yang dilombakan diantaranya : Lomba Public Relation, Lomba Karya Tulis Artikel Jurnalistik, Lomba Mading Tematik 3D, dan Lomba Film Fiksi.

Sayang, gue gak bisa ikut berpartisipasi dalam lomba-lomba keren itu hehe. Gue cuma ikut berpartisipasi di acara hari ke 2 tanggal 13 Mei 2014. Acara Seminar Nasional Jurnaland dengan pembicara Hendrawan Setiawan (Praktisi TV dan ketua AJI Yogyakarta), Fajar Junaedi, dan Pembicara utama Alvito Deannova (presenter TV one).

Seminar ini berlangsung menarik menurut gue. Karena seminar ini mengangkat tema tentang " Ketika banjir informasi, apakah jurnalis masih diperlukan ?".

Gak sia-sia ternyata gue dateng ke seminar ini. Selain meriah, seminar ini juga gak ngebosenin karena tema yang diangkat sesuai dengan apa yang saat ini jadi bagian gue di ilmu komunikasi. Banyak ilmu yang bisa gue ambil dari seminar ini. Banyak ilmu yang gue dapet dari gaya bicara para pembicara. Terutama Alvito yang merupakan presenter senior di salah satu televisi swasta yang mungkin sudah tidak asing lagi. Gue acungin dua jempol untuk acara seminar nasional ini. Apalagi untuk para pembicaranya.

Acara yang gue dan yang lain tunggu-tunggu adalah acara malam puncak dari kampung komunikasi itu sendiri. Yaaa, gue nuggu seorang penyanyi yang super cantik. Cantik paras dan suaranya yang mampu menghipnotis para pecinta musik di Indonesia. Raisa adalah bintang tamu utama dari serangkaian acara Kampung Komunikasi 2104.

Seminggu sudah acara kampung komunikas 2014 berlangsung dan Sabtu, 17 Mei 2014 adalah hari yang paling ditunggu. Selain sebagai penutup dari serangkaian acara sebelumnya, hari ini juga akan menjadi sejarah yang akan terukir bagi Universitas Islam Indonesia dan Ilmu Komunikasi UII khususnya. Karena, hampir 3000 penonton akan menghadiri Pesta terbesar Ilmu Komunikasi.

Saat penukaran tiket pukul 09.00 hingga pukul 17.00 sudah terlihat antusias dari para penonton untuk menghadiri malam puncak ini. Bahkan ada yang jauh-jauh dari luar Yogyakarta rela untuk menghabiskan malam minggu nya di Kampus terpadu UII.

Acara puncak dimulai pukul 19.00 wib. Para penonton mulai menyerbu saat pintu menuju tempat acara dibuka. Acara malam ini dibuka oleh band band pengiring seperti sakarepe dan archiblues. Penampilan kedua band ini mampu menghitnotis penonton yang berada di lapangan sepakbola UII. Terutama saat archiblues membawakan beberapa lagu. Archiblues sendiri merupakan band dari jurusan arsitektur uii.

Tidak mau kalah oleh sekarepe dan archiblues, DJ munhans dan live percussion arts dari ria artha juga mampu menghipnotis penonton yang hadir malam itu. Mereka semua mampu mengikuti alunan musik yang dimainkan oleh Dj munhans dan ria artha. Sayangnya, gue melewatkan kemeriahan dari penampilan ini hehe.
DJ Munhans Performing

Bintang tamu selanjjutnya adalah BATIGA band. Batiga yang merupakan singkatan dari Balada Hati Galau ternyata memang mampu menghipnotis para penonton yang hadir menjadi semakin galau oleh lagu lagu mereka. Dibuka dengan lagu Hanya untukmu para penonton ikut terbawa oleh lagu yang dibawakan Batiga. Lagu kedua yang dibawakan adalah cinta diam-diam yang semakin membuat para penonton semakin dibuat galau. Dan galaunya para penonton ini masih terasa hingga lagu ketiga yang dibawakan Batiga dengan judul Berharap. Penampilan Batiga yang menurut gue gak kalah keren malam ini ditutup dengan beberapa lagu yang di medley dari Glen Fredly yang merupakan idola dari personil Batiga.
BATIGA PERFORMING

Dan setelah penampilan batiga berakhir, inilah saat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh penonton yang hadir malam itu. Saat kedua MC Menyebutkan nama Raisa. Sontak penonton yang hadir juga ikut memanggil dnamanya.

"Raisa raisa raisa" Seketika Lapangan sepakbola UII menjadi ramai dengan suara para penonton yang sudah tidak sabar. Saat video bumper sudah mulai diputar para penonton semakin bersemangat untuk menyaksikan penampilan dari Raisaaaaa.
Raisa live

Alunan musik dari lagu pertama yang dibawakan Raisa adalah "serba salah" dan ternyata benar Raisa membuat penonton yang hadir menjadi serba salah kalau gak dateng kesini.
Lagu kedua yang dibawakan adalah Bye-bye dan dilanjutkan lagu ketiga yang berjudul Bersinar. Lagu Teka-teki menjadi penutup lagu nge beat dari raisa.

Setelah lagu teka teki, Raisa membawa seluruh penonton yang hadir untuk ber"galau" bersama malam itu. Lagu pembuka Raisa dengan galau adalah LDR yang merupakan single terbaru dari raisa.
Wuiih gue perhatiin ternyata banyak yang nyanyi pas Raisa bawain lagu ini. Banyak cowo-cowo yang nangis darah pas raisa bawa lagu ini. Apalagi buat mereka yang pacarnya dipisahkan oleh jarak. Sedih menurut mereka para pejuang LDR.....

Setelah puas ber-LDR ria, Raisa kembali mengajak para penontop untuk ber-nostalgia dengan masa lalu. Yap, Lagu Terjebak Nostalgia menjadi lagu ke 6 yang dinyanyikan oleh penyanyi cantik dengan suara merdu ini. Semua penonton ikut terjebak nostalgia di malam Kampung Komunikasi.

Nah lagu ke tujuh ini sengaja Raisa bawain buat kalian yang merasa kecewa saat sedang menuggu seseorang yang mungkin belum pasti. Apalah Arti Menunggu sukses Raisa bawakan untuk tetap menghipnotis di dunia galau bersama Raisa.

Setelah membawa penonto malam itu galau, Raisa mengajak para penonton untuk bangkit di lagu nya yang berjudul Move On yang merupakan single dari album pertama Raisa "Melangkah".

Di lagu ke 9 Raisa bawain lagu yang judulnya pemeran utama. Gue rasa semua udah tau apa maksud dari lagu ini kan ? nah lanjut yaa ke lagu ke 10 yang judulnya firasat. Makin sedih deh lapangan bola UII oleh sihir Raisa.

Setelah beberapa lagu galau dan sedih, Raisa menutup indahnya malam ini dengan lagu nya yang berjudul Coud It Be dan ditutup dengan lengkingan suara yang merdu dan indah khas Raisa.

Raisa mampu menghipnotis semua yang hadir malam itu. Raisa mampu menggemparkan UII khususnya dan Yogyakarta dengan beberapsa karyanya yang luar biasa.
Raisa dan penonton

Akhirnya, serangkaian acara dari Kampung Komunikasi 2014 berakhir dengan pesta kembang api malam itu.

Gue sendiri merasa bangga dengan prodi ini. Dan gue juga bangga serta salut kepada seluruh panitia Kampung Komunikasi 2014 yang sudah mendedikasikan ide, semangat, dan waktunya hanya untuk membuat nama komunikasi uii menjadi lebih terbang tinggi diangkasa. Congratulation guys, semua keringat kalian terbayar lunas malam itu. Sampai bertemu di Kampung Komunikasi tahun tahun selanjutnya.-Kompak-

0 comment: