Mar 18, 2015

Waktu Masih Main Gamebot

Buat generasi 90 sampai menuju generasi 2000an kaya gue ini, gamebot adalah salah satu alat yang super super canggih. Kecanggihan gamebot bahkan bisa ngalahin Hp super gede ber-antena pada zamannya. Hal ini sekarang gue alamin. Dari berbagai usia. Dan gue jadi teringat gimana zaman gue dulu.

Masih terngiang beberapa permintaan gue terhadap beberapa permainan yang dulu, di usia gue itu mesti punya. Yaa, gamebot. Sebuah permainan yang termasuk digital pada masa itu. Meskipun layarnya masih hitam putih. Hitamnya aku, putihnya kamu.


“Maah, aa mau gamebot dong mah. Ayo beliin mah” Rengek gue ke nyokap

“Gamebot itu sejenis apa a ? Makanan bukan ?” Sambung nyokap gue dengan polosnya

“Kalau makanan mama beliin, kalau bukan makanan jangan beli ya a. Gak ada manpaatnya” Sambung nyokap lagi dengan logat khas sundanya.

Mendengar nyokap mengeluarkan statement seperti itu, gue dengan spontan salto sambil nangis darah di depan nyokap. Sambil garuk-garuk ubin dari bata (dulu ubin gak ada yang bunga-bunga).

“Ayo dong ma, beliin aa gamebot. Ayo beliin mah” Rengek gue sambil narik-narik celana nyokap


“Kamu ini, kalau mau beli sesuatu itu yang ada manpaatnya nak. Beli mainan itu yang nantinya bisa dimakan. Bisa bikin kenyang perut” Dalil nyokap terakhir kali sebelum meninggalkan gue.


Setelah itu gue berhenti merengek. Dan seperti anak-anak lainnya, kalau habis nangis ya tidur. Tidurnya anak-anak kadang suka gak tau tempat. Bisa di halaman rumah setelah selesai main got, bisa juga di kasur setelah main becek-becekan. Anak kecil.

Besoknya, tanpa kenal lelah gue terus merengek demi mendapatkan sebuah gadget hitam putih di era 90 sampai 2000an itu. Sama kaya pejuang jaman dulu, yang engga kenal lelah berperang demi meraih kemerdekaan bangsa Indonesia. Tssaaah ~. Bahkan untuk seonggok gamebot pun gue rela merengek. Rasanya gue bakal ditindas sama temen-temen rumah gue karena gue gapunya gamebot.

“Cemen”

“Lemah”

“Katro”

“Ketinggalan zaman”

“Payah”

Beberapa kata yang terngiang di otak gue serta kemungkinan terburuk pencelaan masal oleh temen-temen gue kalau gue gak bisa memiliki sebuah gamebot yang didalamnya hanya berisi sebuah game kotak dengan penyusunan yang sangat simple dan layar hitam putih (padahal gak putih juga), Tetris.

Iya, jaman gue kecil gue cuma malu kalau gue gak punya gamebot. Belum ada gadget secanggih sekarang yang didalamnya memuat berbagai macam permainan dengan sentuhan grafis luar biasa karya orang orang cerdas. Bahkan tetris pun dirubah menjadi game yang berwarna dan lebih menarik ketimbang tetris jaman gamebot yang cuma ada satu warna di gamebot, hitam.

Sebenarnya banyak permainan anak-anak zaman 90 sampai 2000an kaya gue ini. Memang belum berwarna dan bahkan sentuhan grafis ciamik nan elegan pun belum ada. Semuanya serba black white bahkan serba manual. Contohnya adalah gundu atau lebih dikenal kelereng. Atau banyak lagi permainan yang bisa bikin gue bangga bermain itu dengan temen-temen sepermainan gue. Keren banget pokoknya.

“Ah, rindu gue sama masa kecil itu”

Masa kecil yang buat gue sering menghabiskan waktu bersama temen-temen sepermainan gue. Bukan kaya yang gue lihat sekarang. Anak kecil sekarang lebih sibuk mendekam di kamar ataupun menunduk saat keluar rumah dengan tentengan sebuah layar 4-5 inch dengan harga yang waktu gue kecil dulu bisa dibeliin bakso ikan lebih dari sepuluh gerobak.

0 comment: